KUR 2021 Tanpa Jaminan Bisa Kredit Rp 100 Juta, Ini Cara dan Syarat Pengajuan di BRI

- 9 Juni 2021, 06:35 WIB
Ilustrasi KUR
Ilustrasi KUR /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya
 
KABAR BANTEN - Info KUR 2021 bahwa pemerintah mengeluarkan kebijakan baru.
 
Kebijakan baru KUR 2021 dipengaruhi porsi kredit UMKM saat ini, yang baru mencapai 18,8 persen terhadap total kredit perbankan.
 
Porsi kredit UMKM itu dirasa kurang dibandingkan jumlah UMKM yang mendominasi di Indonesia, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan baru KUR 2021.
 
 
Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM menambah subsidi bunga KUR dan mengubah kebijakan pelaksanaan KUR.
 
"Pemerintah mengambil kebijakan untuk menambah anggaran subsidi bunga KUR sebesar Rp4,39 triliun," demikian dikutip KabarBanten.com dari akun Twitter @kemenkopUKM.
 
Tambahan ini membuat total kebutuhan anggaran tambahan subsidi bunga KUR tahun 2021 menjadi Rp7,84 triliun.
 

Dikutip KabarBanten.com dari ekon.go.id, beberapa perubahan kebijakan KUR yang akan berlaku sejak 1 Juli 2021, diantaranya:

  1. Perubahan skema KUR tanpa jaminan dari sampai dengan Rp50 juta menjadi sampai dengan Rp100 juta. Skema KUR tetap, namun untuk skema KUR Kecil ditambahkan ketentuan nilai KUR tanpa jaminan hingga Rp100 juta.
  2. Penerima KUR Kecil dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
  3. Pengaturan Penerima KUR yang bersamaan dengan kredit lain.
  4. Penambahan ketentuan KUR Khusus untuk industri UMKM, atau komoditas sektor produktif lain yang bisa dikembangkan menjadi KUR khusus. Ketentuan sebelumnya KUR khusus hanya untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan rakyat dan perikanan rakyat.

Pemerintah juga memutuskan untuk menambah plafon KUR 2021 dari Rp253 triliun menjadi Rp285 triliun..

Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas UMKM, Pelaku Usaha di Kota Tangsel Dilatih Bisa Lebih Mandiri

Peningkatan plafon tersebut merupakan respon atas antusiasme pelaku UMKM yang tinggi akan kehadiran KUR dengan suku bunga rendah dan juga harapan pemulihan usaha UMKM.

Lalu bagaimana syarat pengajuanya?. Berikut syarat pengajuan KUR dirangkum dari laman resmi BRI.

Syarat pengajuan KUR di BRI tanpa agunan 2021: 

  1. Individu (perorangan)
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  5. Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing) ***

Editor: Yadi Jayasantika


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X