Triwulan I 2021, Perekonomian di Banten Tumbuh Membaik

- 23 Juni 2021, 16:07 WIB
Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja (tengah) bersama jajarannya menyampaikan materi laporan perekonomian Banten di salah satu hotel di Kabupaten Serang, Selasa 22 Juni 2021.
Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja (tengah) bersama jajarannya menyampaikan materi laporan perekonomian Banten di salah satu hotel di Kabupaten Serang, Selasa 22 Juni 2021. /Kabar Banten/Rizki Putri

KABAR BANTEN - Kondisi perekonomian di Banten pada triwulan I tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 0,78 persen secara quarter to quarter.

Kemudian, perekonomian di Banten secara year on year (yoy) kontraksi pun semakin mengecil dari -3,92 persen pada triwulan IV 2020 menjadi -0,39 persen.

Kondisi perekonomian di Banten itu diketahui saat Taklimat Media, 'Laporan Perekonomian Provinsi Banten Periode Mei 2021' yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau BI Banten di salah satu hotel di Kabupaten Serang, Selasa, 22 Juni 2021.

Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, secara sektoral, perbaikan kondisi ekonomi Provinsi Banten didorong oleh peningkatan pada hampir seluruh sektor utama di Provinsi Banten.

Beberapa sektor yang tumbuh meningkat pada triwulan I 2021 antara lain sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, sektor Pengadaan Air, sektor Informasi dan Komunikasi, sektor Konstruksi, serta sektor Real Estate.

"Dari sisi pengeluaran, perbaikan ekonomi Provinsi Banten pada triwulan ini terutama didorong oleh membaiknya Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Di sisi lain, Konsumsi Rumah Tangga dan Net Ekspor Total secara triwulanan juga mengalami perbaikan, meskipun secara tahunan masih terkontraksi tipis sebesar -1,69% (yoy) dan -4,62% (yoy)," katanya.

Baca Juga: BPK Ungkap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Diperiksa, Hasilnya...

Lebih lanjut, secara keseluruhan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 untuk Provinsi Banten dan delapan Kota/ Kabupaten mengalami penurunan sejalan dengan kebijakan refocussing anggaran dalam rangka penanggulangan dampak pandemi Covid-19.

Secara akumulatif, pagu Pendapatan APBD Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota mengalami penurunan sebesar 7,7% dibandingkan tahun 2020. Sementara, pagu Belanja wilayah Banten meningkat sebesar 1,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X