Optimalkan Pemanfaatan Teknologi, Pemerintah Fasilitasi Pelaku UMKM

- 21 November 2020, 21:10 WIB
umkm /

 

KABAR BANTEN - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk dapat mengoptimalkan tren pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan transaksi sejalan dengan perkembangan pola dan cara konsumsi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto saat menjadi pembicara dalam pameran interaktif 3D pertama “Indonesia Digital Trade Show” in Conjunction With “Indonesia Local Brands Expo 2020”, secara virtual, Jumat, 20 November 2020.

Pameran yang diselenggarakan secara virtual oleh Asosiasi Lisensi Indonesia tersebut akan berlangsung 20 November-7 Desember 2020 dan dapat diakses di https://virtualexpo.id/

Mendag mengatakan, partisipasi pelaku UMKM sangat penting dalam menggerakkan perekonomian nasional guna menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia agar tetap berada pada zona positif dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi.

“Salah satu caranya yaitu dengan mengoptimalkan potensi niaga elektronik (e-commerce) yang ada,” ujar Mendag, dalam siaran pers Kemendag, Jumat, 20 November 2020.

Baca Juga : Bursa Mobil Motor 2020, Asosiasi Otomotif Banten Targetkan 1.000 Penjualan Kendaraan

Pemanfaatan platform digital oleh UMKM, kata dia, berpotensi meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Hal ini mengingat 96 persen populasi pelaku usaha Indonesia yang menggerakkan sektor perdagangan adalah UMKM.

Kemendag turut memfasilitasi 24 pelaku waralaba untuk berpartisipasi dalam pameran interaktif 3D. Di antaranya, 10 pelaku waralaba di sektor kuliner, 3 pelaku waralaba jasa spa, perawatan tubuh dan kecantikan, 6 pelaku waralaba jasa laundry, 3 pelaku waralaba jasa pendidikan, serta 1 pelaku broker properti, dan 1 bengkel motor,” ujar Mendag.

Halaman:

Editor: Kasiridho

Sumber: kemendag


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X