Suspek Cacar Monyet Muncul di Jateng, Ganjar Pranowo Minta Pemerintah Perketat Pintu Masuk ke Indonesia

- 4 Agustus 2022, 08:36 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo minta pemerintah memperketat pintu masuk ke Indonesia, menyusul ditemukannya seorang warga suspek Cacar Monyet atau Monkeypox.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo minta pemerintah memperketat pintu masuk ke Indonesia, menyusul ditemukannya seorang warga suspek Cacar Monyet atau Monkeypox. /Jatengprov

KABAR BANTEN-Wabah cacar monyet atau monkeypox muncul di Jawa Tengah, menyusul seorang warga suspek infeksi yang ditandai bintil bernanah di kulit tersebut.

Seorang warga Jawa Tengah diketahui telah tertular cacar monyet atau monkeypox, yang kini tengah ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Namun warga Jawa Tengah yang tertular penyakit cacar monyet tersebut, statusnya masih sebatas suspek atau bergejala.

Kepala Dinkes Jateng, Yunita Dyah Suminar mengatakan, pasien tersebut saat ini menjalani isolasi. 

"Kondisinya juga masih dipantau secara intensif oleh pihak rumah sakit setempat," katanya dikutip dari jatengprov.go.id, pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Wabah cacar monyet atau monkeypox, juga menjadi perhatian serius dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo bahkan berharap pemerintah pusat menjaga ketat pintu masuk ke Indonesia. 

Menurutnya, memperketat pintu masuk ke Indonesia merupakan upaya yang diperlukan untuk mengantisipasi wabah cacar monyet yang kini bermunculan di sejumlah negara asing.

Hal itu disampaikan Ganjar, seusai menerima Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidronal) Laksamana Madya Nurhidayat, di kantornya.

Halaman:

Editor: Yadi Jayasantika

Sumber: Jatengprov.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x