1549852

7 Fakta Banjir Galodo atau Banjir Bandang di Sumatera Barat, Ternyata Ini Penyebabnya

- 17 Mei 2024, 13:25 WIB
Ilustrasi terkait 7 fakta banjir bandang atau banjir Galondo yang terjadi di Sumatera Barat baru-baru ini.
Ilustrasi terkait 7 fakta banjir bandang atau banjir Galondo yang terjadi di Sumatera Barat baru-baru ini. /Pexels/lam-tr-n

KABAR BANTEN - Seperti tidak ada henti-hentinya Sumatera Barat dialanda bencana alam, rentetan bencana alam beberapa bulan terakhir ini menimpa daerah yang ada di Sumatera Barat, seperti yang baru-baru ini terjadi bencana banjir bandang atau banjir Galondo.

Bencana alam yang paling membekas dan terngiang dalam ingatan masyarakat Sumatera Barat yaitu peristiwa erupsi Gunung Marapi yang menelan banyak korban jiwa yang terjadi beberapa bulan yang lalu.

Musibah terbaru yang kembali menimpa Sumatera Barat adalah banjir Galodo, Galodo sendiri adalah sebutan bagi sebagaian masyarakat Sumatera Barat untuk air bah yang bercampur tanah, batu, kayu dan material lainnya.

Baca Juga: Inilah 5 Kota Terpanas di Pulau Sumatera, Benarkah karena Gelombang Panas?

Baru-baru ini musibah banjir Galodo atau banjir bandang melanda beberapa daerah yang ada di Sumatera Barat, dari peristiwa musibah tersebut terdapat beberapa fakta terkait musibah banjir Galodo.

Sebagaimana dikutip Kabar Banten melalui kanal Youtube Creative Hamdi, betikut ini beberapa fakta tentang musibah banjir Galodo atau atau banjir bandang yang menimpa Sumatera Barat.

1. Waktu Kejadian Musibah Banjir Galodo

Banjir Galodo atau banjir bandang dan lahar dingin terjadi pada Sabtu 11 Mei 2024, dimana peristiwa tersebut telah menyapu bersih sejumlah pemukiman warga, fasilitas umum hingga sejumlah kendaraan.

Musibah banjir Galodo atau banjir bandang di Sumatera Barat ini terjadi di tiga lokasi yakni Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Padang Panjang.

Halaman:

Editor: Yandri Adiyanda

Sumber: YouTube Creative Hamdi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah