Selama MTQ Nasional, BMKG: Terjadi Sebelas Kali Gempa Bumi di Sumbar

- 21 November 2020, 13:04 WIB
Ilustrasi Gempa /Pixabay.com/Tumisu

KABAR BANTEN - Selama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 di Sumatera Barat (Sumbar) 12-19 November 2020, berdasarkan pantauan BMKG Padang Panjang, terdapat sebelas kali kejadian gempa bumi.

BMKG Padang Panjang merinci
sebelas kali gempa bumi di wilayah Sumbar sejak sepekan terakhir 13-19 November 2020, yakni tiga kali gempa dirasakan dan delapan kali tidak dirasakan oleh masyarakat.

"Berdasarkan pantauan BMKG Padang Panjang, terdapat sebelas kali kejadian gempa bumi di wilayah Sumbar sejak sepekan terakhir, yakni tiga kali gempa dirasakan dan delapan kali tidak dirasakan oleh masyarakat," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri di Padang Panjang, Jumat 20 November 2020 seperti dikutip KabarBanten.com dari Antara.

Baca Juga : Juara MTQ Nasional 2020, DKI Jakarta Dikudeta Sumbar, Banten Melorot

Dari tiga kali kejadian gempa yang dirasakan oleh masyarakat, Mamuri menyebutkan dua kali berpusat di Kepulauan Mentawai, yakni di Tuapejat dengan kekuatan 6,3 magnitudo pada Selasa 17 November. Gempa tersebut juga dirasakan di Padang, Bukittinggi, Solok Padang Panjang, Pariaman, dan beberapa daerah lainnya.

"Kemudian di Pulau Siberut dengan kekuatan 4,9 magnitudo yang terjadi pada Kamis 19 November. Gempa tersebut juga dirasakan di Padang, Solok Selatan, Tanah Datar, Padang Panjang, dan beberapa daerah lainnya," katanya.

Ia menjelaskan gempa yang dirasakan oleh masyarakat juga terjadi di Pesisir Selatan pada Rabu 18 November dengan kekuatan 5,3 magnitudo. Gempa bumi tersebut juga dirasakan di Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok Selatan, dan beberapa daerah lainnya.

Baca Juga : Lama Menunggu, Mahasiswa Bisa Kembali Kuliah di Kampus, Tapi Patuhi Syaratnya

"Dari kejadian gempa tersebut tidak berdampak terhadap kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat gempa dan tidak berpotensi tsunami," katanya.

Halaman:

Editor: Maksuni Husen

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X