Pariwisata Butuh SDM Berkompeten, PHRI Banten Lakukan Ini

- 19 Oktober 2020, 22:34 WIB
PHRI Logo /

KABAR BANTEN - Pembangunan sektor pariwisata perlu didukung sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten. Terebih dalam memberikan layanan yang prima.

Untuk itu Dinas Pariwisata, Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Provinsi Banten bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar fasilitasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata terhadap puluhan pelaku industri pariwisata serta pekerja hotel dan pariwisata se-Provinsi Banten, di salah satu hotel Kota Cilegon, Senin 19 Oktober 2020.

“Uji kompetensi ini guna meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata Indonesia secara nasional maupun internasional, mewujudkan industri pariwisata yang mampu menggerakkan perekonomian nasional,” kata Ketua PHRI Provinsi Banten Ahmad Sari Alam dalam sambutanya.

Menurut dia, dalam mencapai tujuanya, salah satu faktor penentu keberhasilan ialah kualitas SDM. Karena itu, pembangunan sektor kepariwisataan perlu didukung SDM yang berkompeten dalam rangka memberikan pelayanan prima bagi wisatawan.

Baca Juga : Tak Perlu Jauh ke Belanda, Wisata 'Kincir Angin' Ada di Kota Serang

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Linda Rohyati mengapresiasi langkah PHRI Banten yang telah menyelenggarakan fasilitasi kompentensi sektor pariwisata kepada para pelaku industri pariwisa dan pekerja hotel sehingga kedepanya para pelaku industri pariwisata khususnya di Kota Cilegon dan Banten dapat lebih meningakatkan tata kelola pariwisata.

"Yah dari data yang kita punya SDM yang mempunyai sertifikat uji kompetensi dibidang kepariwisataan di Provinsi Banten. Kita masih punya PR Dari 18.500 tenaga yang dibutuhkan baru sekitar 3000 tenaga yang mempunyai sertifikat uji kompetensi dibidang kepariwisataan," ujarnya.

Linda menuturkan, salah satu cara agar mereka mempunyai sertifikat uji kompetensi ialah dengan cara melakukan pelatihan uji kompetensi seperti yang dilakukan saat ini dengan menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Provesi (BNSP) Lembaga Hospitality Cakrawala (LHC) Indonesia.

"Dalam hal meningkatkan SDM kami menggandeng BNSP LHC Indonesia, semoga dengan adanya uji kompetensi meraka (peserta) dapat bertambah pengetahuanya, sehingga industri kepariwisataan khususnya di bidang kepariwisataan semakin meningkat," ucapnya.***

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X