Asik! Siapkan SDM Hadapi Indonesia Emas 2045, Pemerintah Buka Program KMMI Tahun 2021, Buruan Cek!

- 5 April 2021, 17:49 WIB
Ilustrasi Beasiswa /Pixabay/Denyshutter

KABAR BANTEN – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Tahun 2021.

Program KMMI ini mulai dibuka sejak 25 Maret hingga 30 April 2021, dan proses pendaftaran hingga pengajuan proposalnya dapat dilakukan pada laman kmmi.kemdikbud.go.id.

Program KMMI sendiri, nantinya akan diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), baik dari dalam dan luar negeri yang dapat diikuti oleh mahasiswa aktif tingkat sarjana yang telah terseleksi sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentuan.

Baca Juga: Tahun Ajaran 2021, Pemerintah akan Berlakukan Belajar Tatap Muka, Pemkab Lebak Surati Kemendikbud

Bentuk pelaksanaan program KMMI yang nantinya akan diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi bersama DUDI berupa pelatihan atau Short Course mencakup hard skills dan soft skills yang interaksi pembelajarannya dilakukan secara sinkron dan asinkron secara daring.

Dilansir KabarBanten.com dari laman dikti.kemdikbud.go.id, dibukanya program KMMI untuk mahasiswa ini merupakan implementasi dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk menyiapkan mahasiswa memilki keterampilan dan kemampuan dalam menghadapi Indonesia Emas 2045.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Nizam, Program KMMI sendiri muncul dari permintaan yang berkembang pesat untuk pendidikan berkualitas tinggi di masyarakat.

“Program KMMI ini salah satu program yang mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)yang melengkapi pembelajaran di kelas dan bergunna mengisi kesenjangan keterampilan yang diberikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan di dalam dunia kerja dan industri,” kata Nizam.

Baca Juga: Kuota Satu Juta Guru PPPK Terancam tak Terisi, Mendikbud : Banyak Pemda Belum Mengajukan Formasi

Halaman:

Editor: Yandri Adiyanda

Sumber: Kemendikbud


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X