Minat Baca Rendah, Banten di Urutan 9 Nasional IKM 2020, Keterlibatan Dewan Disorot

- 18 Mei 2021, 16:21 WIB
Indeks Kegemaran Membaca di Banten masih rendah, dengan berada di urutan ke-9 Nasional.
Indeks Kegemaran Membaca di Banten masih rendah, dengan berada di urutan ke-9 Nasional. /Denis Asria/Kabar Banten

KABAR BANTEN - Banten berada di urutan ke-9 nasional dalam Indeks Kegemaran Membaca (IKM), dengan 58.77 pada 2020 atau masuk kategori minat baca rendah. 

Minta baca rendah yang membuat Banten berada di urutan ke-9 Nasional itu, hasil survei masyarakat dari berbagai kalangan dari usia 15 hingga 65 tahun. 

Indikator minat baca rendah itu ditunjukan dengan frekuensi rata-rata kegiatan membaca masyarakat empat kali dalam sepekan.

Baca Juga: Hari Buku Sedunia, Minat Baca Masyarakat Indonesia Minim

Selanjutnya, durasi membaca rata-rata sekitar 1 jam 36 menit per hari, kemudian jumlah buku yang dibaca rata-rata dua buku per tiga bulan. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang Wahyu Nurjamil, dalam webinar Akses Buku dan peningkatan minat baca masyarakat yang diselenggarakan DPK Banten, melalui virtual, Selasa 18 Mei 2021. 

"Indeks membaca masyarakat di Banten berada di posisi ke-9 nasional, atau diangka 58,77. Itu artinya masih rendah, hasil survei tersebut dilihat dari kegiatan membaca, durasi membaca dan jumlah buku yang dibaca," kata Wahyu. 

Sementara itu, Duta Baca Indonesia Gol A Gong mengatakan, indeks partisipasi masyarakat itu dilihat dari hulu seperti Pemerintah Provinsi ataupun stakeholder untuk mendorong masyarakat gemar membaca.

Baca Juga: Minat Baca Masyarakat Rendah, Masih Butuh Fasilitas Penunjang

Halaman:

Editor: Yadi Jayasantika


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X