Imbauan Dindikbud Kota Serang Terkait Wisuda dan Pelepasan Murid

- 20 Mei 2024, 21:05 WIB
Ilustrasi siswa tentang imbauan Dindikbud Kota Serang terkait wisuda dan pelepasan murid.
Ilustrasi siswa tentang imbauan Dindikbud Kota Serang terkait wisuda dan pelepasan murid. /Pexels/Yang Krukau

KABAR BANTEN - Fenomena kegiatan wisuda atau pelepasan murid masih terjadi meskipun sudah banyak yang bersuara sumbang tentang kegiatan wisuda maupun pelepasan murid di semua satuan pendidikan, fenomena ini terjadi hampir di setiap jenjang SMA, SLTA, SMP, SD hingga TK dan PAUD.

Pada dasarnya kegiatan diakhir masa pembelajaran memang baik, bisa menjadi sarana silaturahmi dan saling mengingat dan berterima kasih kepada para pendidik atau guru di sekolah yang telah mendidik selama sekian tahun. Hanya saja terkadang bisa menjadi beban bagi para orang tua murid.

Untuk mengadakan kegiatan wisuda atau perpisahan, tentu sekolah tidak ada biaya, sudah menjadi rahasia umum jika semua kegiatan wisuda atau pelepasan murid menjadi tanggung jawab wali murid, padahal tidak semua wali murid memiliki kemampuan yang sama. Memang hal ini seringkali di musyawarahkan oleh komite sekolah yang notabene kepanjangan dari kepala sekolah.

Di Kota Serang juga sempat mencuat fenomena maraknya wisuda dan pelepasan murid dari Paud,TK, SD, SMP dan SMA sederajat.

Pada tahun ajaran ini yaitu di 2024, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Serang, membuat surat edaran atau imbauan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, no 421.3/1959-Dispenbudkot/2024.

Imbauan ditujukan kepada satuan pendidikan: Kepala PAUD formal dan non formal se Kota Serang, Kepala SD Se Kota Serang, Kepala SMP se Kota Serang, Kepala SKB, ketua PKBM Se Kota Serang.

Surat edaran atau Imbauan tersebut berbunyi, menindaklanjuti surat edaran menteri Pendidikan kebudayaan riset dan teknologi nomor 14 tahun 2023 tentang kegiatan wisuda pada satuan pendidikan anak usia dini.

Satuan pendidikan, jenjang pendidikan dasar dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah, sehubungan dengan fenomena dan budaya kegiatan wisuda dan field Trip, yang dilakukan pada satuan pendidikan di kota Serang, dengan ini disampaikan bahwa:

1. Setiap satuan pendidikan pada jenjang PAUD formal dan non formal SKB, PKBM, SD, dan SMP tidak menjadikan kegiatan wisuda atau pelepasan bagi siswa yang lulus sebagai kegiatan yang bersifat wajib.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah