Uniknya Banten, Satu Wilayah dengan Tiga Bahasa Daerah

- 22 Februari 2021, 14:10 WIB
Menara dan Mesjid Banten Lama Tempo Dulu /biroumum.bantenprov.go.id

KABAR BANTEN - Kepala Kantor Bahasa Banten Halimi Hadibarata mengatakan, ada tiga bahasa daerah di Provinsi Banten yang digunakan masyarakat. Uniknya tiga bahasa tersebut tersebar di sejumlah wilayah yang ada di Banten.

"Ada 3 bahasa yang digunakan oleh masyarakat Banten, seperti Bahasa Sunda, Bahasa Jawa Banten atau Jawa Serang atau Bebasan, kemudian Bahasa Melayu Tangerang atau Betawi Tangerang," kata Halimi kepada Kabar Banten.

Paling dominan sebagai Bahasa Ibu yakni Bahasa Sunda yang didominasi di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. Serta sebagian di Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Kantor Bahasa Banten Diskusi Dialek Film Saidjah dan Adinda

Kemudian Bahasa Jawa, atau bisa disebut Jawa Banten, Jawa Serang dan Bebasan, secara administratif berada di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon.

Kemudian ada Serta Bahasa Melayu Tangerang atau Betawi Tangerang berada di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Meski begitu, ia mengatakan, pihaknya pernah melakukan penelitian di salah satu kampung, yang terletak di Cikoneng Kecamatan Anyer. Di daerah tersebut ada satu kampung menggunakan Bahasa Lampung namun campur dengan Bahasa sunda.

Baca Juga: Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa, Kepala Kantor Bahasa Banten Sampaikan Ini

"Kami melakukan penelitian di salah satu kampung yang terletak di Cikoneng yang menggunakan bahasa Lampung dan Sunda. Jadi pesebaran bahasa ada 3 yang digunakan di Banten," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yandri Adiyanda


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X