Mengenal Kaulinan Budak Banten, Permainan Tradisional Gamsit, Cara Tentukan Pemenang dengan Adu Jari

- 22 Februari 2021, 18:04 WIB
Permainan Gamsut adu jari /Frely Rahmawati

KABAR BANTEN - Gamsit atau Gamsut, merupakan salah satu permainan tradisional atau kaulinan budak Banten yang kerap dilakukan untuk bertarung dalam menemukan pemenang. Permainan atau dalam bahasa sunda dikenal dengan Kaulinan Gamsit ini, medianya adalah menggunakan jari-jari tangan.

Gamsit tidak hanya dimankan oleh anak-anak saja. Namun kaum remaja, orang dewasa, bahkan orang tua juga sering memainkan permainan ini.

Bisa dimainkan oleh dua orang anak, baik laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan perempuan, atau sebaliknya. Caranya, dengan mengadu jari sebagai salah satu cara pengundian dalam menentukan pemenang.

Baca Juga: Tinjau Wisma Isolasi Pasien Covid-19, Ini Yang Ditemukan Sekda Pandeglang

Menurut buku permainan tradisional anak masyarakat Banten tahun 2014 yang disusun oleh Dadan Sujana dan Neli Wachyudin, sebagaimana dilansir KabarBanten.com, sebelum melangsungkan permainan Gamsit atau suten atau sut atau pingsut atau suit (suwit) ini , kedua belah pihak membuat kesepakan bersama untuk yang menang dan yang kalah.

Baca Juga: Mengenal Asal Usul Nama Cilegon, Diambil dari Kata Air dan Kubangan, Daerah Rawa Berkembang jadi Kota Baja

Biasanya, dalam sebuah permainan, setelah melakukan Gamsit, pemenang dapat lebih dahulu bermain, dapat memberikan titah kepada yang kalah, mendapatkan point lebih atau senjata dalam permainan, dll sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak yang sudah disepakati sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengenali Aura dalam Diri Manusia, Cukup dengan Usap Bagian Anggota Badan Ini

Dalam permainan Gamsit, jari yang dapat digunakan hanya 3 jari yakni jempol (ibu jari) yang dianalogikan sebagai gajah, curuk (jari telunjuk) yang dianalogikan sebagai manusia, cinggir (jari kelingking) yang dianalogikan sebagai semut atau sireum.

Halaman:

Editor: Yadi Jayasantika


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X