Keren! Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Akan Dibangun di Kota Cilegon, Ini Lokasinya

- 6 April 2021, 07:38 WIB
Suasana penandatanganan kerja sama antara Krakatau Steel dengan Akuo Energy SAS, di PT KTI, Senin 5 April 2021. /Dok. Corcom PT Krakatau Steel/

KABAR BANTEN - PT Krakatau Tirta Industri (KTI) berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di Waduk Krenceng, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.

Untuk mewujudkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung tersebut, PT KTI melakukan penandatanganan kerja sama dengan Akuo Energy SAS, perwakilan PT Akuo Energy Indonesia yang merupakan bagian dari grup perusahaan renewable energy asal Perancis, Senin 5 April 2021.

Inisiasi strategis pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya terapung ini diharapkan dapat menyediakan energi terbarukan yang ramah terhadap lingkungan, khususnya berkenaan dengan ketenagalistrikan.

Baca Juga: Rachmat Gobel Bicara Omnibus Law di PT KS Cilegon, Pamer Kemajuan Pabrik Baja di Hadapan DPR

Penandatanganan ini dihadiri oleh Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, Direktur Utama PT KTI Alugoro Mulyowahyudi, Direktur PT Akuo Energy Indonesia Refi Kunaefi, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Tri Sasongko Widianto, serta perwakilan Kedutaan Besar Prancis Ludovic Maria.

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan, ini adalah penandatanganan kerja sama proyek pengembangan renewable energy yang diaplikasikan dalam pemanfaatan Floating Sollar PV Project (Pembangkit Listrik Tenaga Surya/PLTS Terapung).

Dimana proyek ini akan menelan anggaran dengan total investasi senilai USD14 juta.
“Kapasitas yang akan dihasilkan PLTS pada tahap awal adalah 16 MW dengan nilai penghematan biaya listrik sebesar Rp7,8 miliar per tahun," katanya.

Baca Juga: Ini Dua Aset Bernilai Rp1,05 Triliun yang Disepakati Pemkot Cilegon dan PT KS

Silmy mengatakan, proyek tersebut rencananya akan mulai dilaksanakan pada akhir 2022.

Halaman:

Editor: Maksuni Husen


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X