Idul Fitri 1442 Hijriah, Masjid Al Azhom dan Masjdi Al Amjad Tangerang tak Menggelar Salat Ied

- 12 Mei 2021, 16:31 WIB
Pengumuman Masjid Al Azhom tak menggelar salat Idul Fitri 1442 Hijriah.
Pengumuman Masjid Al Azhom tak menggelar salat Idul Fitri 1442 Hijriah. /

 

KABAR BANTEN - Mengantisipasi timbulnya klaster baru Covid-19 saat lebaran, dua masjid terbesar di Tangerang akhirnya memilih untuk tidak menggelar salat Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Yakni Masjid Al Azhom yang berada di kawasan Puspemkot Kota Tangerang dan Masjid Al Amjad yang berada Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang, Kecamatan Tigaraksa.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Al Azhom pun langsung mengumumkan bahwa Masjid Al Azhom tidak menggelar kegiatan Salat Ied. Ketua Harian Masjid Al Azhom, KH Chaerudin mengatakan hal ini sudah dipertimbangkan oleh berbagai pihak. Pertimbangannya, satu tentu saja perkembangan Covid-19 yang belum menunjukkan tanda lebih baik.

"Pertimbangan ini diatas segalanya, untuk mencegah bahaya daripada mengejar manfaat, segala hal yang menimbulkan bencana. Dengan itu, menggelar Salat Id di rumah saja, sudah menjadi keputusan yang terbaik untuk semua pihak," ungkap Chaerudin, Rabu, 12 Mei 2021.

Baca Juga: Tok! Idul Fitri 1 Syawal 1442 Jatuh Pada Kamis 13 Mei 2021, MUI Serukan Umat Tetap Waspada dan Hindari Ini

Ia pun menegaskan, untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk tidak mudik, dan juga menggelar Salat Id di rumah masing-masing bersama keluarga. Bila tidak memungkinkan, maka bisa melaksanakan di masjid setempat, dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ini contoh bagi masjid-masjid raya yang lain, bahwa kita memprioritaskan warga yang salat Id di dekat rumahnya, di kampungnya, maka jangan bepergian jauh. Sama-sama kita kendalikan penyebaran Covid-19 ini," kata Chaerudin.

Chaerudin pun mengimbau, untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang mengendalikan diri untuk tidak saling berkunjung ke rumah satu sama lain. Pasalnya, hal ini berpotensi tinggi untuk terjadinya penularan virus Covid-19.

"Sabar, kita semua juga ingin melakukan tradisi lebaran seperti biasanya. Tapi kondisi saat ini belum memungkinkan. Kendalikan ego kita, untuk menjaga keluarga kita. Bersilaturahmi lah secara virtual, seperti zoom, videocall atau sekadar mengirim pesan singkat," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan pengurus DKM Masjid Agung Al-Amjad, yang beerada di Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang Kecamatan Tigaraksa.
Bendahara DKM di Masjid Al Amjad, Waluyo mengatakan, bila sesuai dengan keputusan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, memang diminta untuk kembali dulu mengadakan solat idul fitri ditahun ini, dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah