Lanal Banten Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster, Nilainya Fantastis

- 9 Juni 2021, 17:58 WIB
Lanal Banten menggelar ekspose pengungkapan kasus penyelundupan puluhan ribu benih lobster, Rabu, 9 Juni 2021.
Lanal Banten menggelar ekspose pengungkapan kasus penyelundupan puluhan ribu benih lobster, Rabu, 9 Juni 2021. /Kabar Banten/Himawan Sutanto

KABAR BANTEN - Pangkalan TNI Angkatan Laut atau Lanal Banten berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan ribu benih lobster yang akan diseberangkan ke Pulau Sumatera.

Lanal Banten juga mengamankan dua tersangka pelaku penyelundupan benih lobster berinisial AD dan AH berhasil diamankan.

Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Budi Iriyanto mengatakan, pihaknya berkerjasama dengan sejumlah instansi dan berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster yang dikemas dalam 14 boks berhasil diamankan.

"Ada 84 ribu benih lobster yang akan disebrangkan ke Lampung, dan rencananya akan diselundupkan ke negara Vietnam. Kami amankan pelaku sebanyak 2 orang yaitu inisial AD dan AH," katanya saat ekspose, Rabu 9 Juni 2021.

Baca Juga: Letkol Laut (P) Budi Iryanto Pimpin Lanal Banten

Dia mengatakan, kasus tersebut membuat kerugian negara dan ditaksir mencapai Rp7,8 miliar. Karena, selain tidak memiliki dokumen resmi, penyelundupan benih lobster itu telah dilarang oleh pemerintah.

"Yang bersangkutan tidak memiliki dokumen resmi dan taksiran kerugian negara mencapai Rp7,8 miliar. Jelas ini dilarang oleh pemerintah,"ujarnya.

Ia menambahkan, kronologis penangkapan terhadap pelaku penyelundupan berawal dari informasi warga, yang mengabarkan adanya penyelundupan benih lobster sekitar pukul 05.00 pagi, di tol gate Pelabuhan Reguler ASDP Merak.

Baca Juga: Bantu Pemerintah Tangani Covid-19, Lanal Banten Lakukan Ini

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X