Siap-siap! TV Analog tak Bisa Lagi Digunakan, Siaran Analog Dihentikan, Migrasi ke Digital

- 10 Juni 2021, 21:41 WIB
Migrasi siaran TV analog ke siaran digital.
Migrasi siaran TV analog ke siaran digital. /Tangkapan layar Instagram @kemenkominfo.

KABAR BANTEN – Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo akan menghentikan siaran Televisi atau TV analog dan migrasi ke siaran digital.

Penghentian siaran TV analog tersebut akan dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu Agustus 2021 hingga November 2022.

Setelah itu, TV analog tidak bisa lagi digunakan lagi dan masyarakat harus beralih ke TV digital.

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Publik, Rosarita Niken Widiastuti dalam Webinar Sosialisasi ‘TV Digital-Dukung Migrasi TV Digital Indonesia’, di Cilegon, Banten, Kamis, 10 Juni 2021.

“Tahap pertama paling lambat tanggal 17 Agustus 2021, ini waktu setempat. Jadi, tanggal 17 Agustus 2021, TV analog sudah tidak bisa digunakan lagi, karena itu harus beralih ke TV digital,” ujar Niken.

Ia menyampaikan, penghentian siaran TV analog tersebut, tahap pertama akan dilakukan di lima (5) provinsi, yakni Aceh, Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.  

Kemudain, tahap kedua penghentian siaran TV analog paling lambat tanggal 31 Desember 2021, tahap ketiga tanggal 31 Maret 2022, tahap keempat tanggal 17 Agustus 2022, dan tahap kelima paling lambat tanggal 2 November 2022 waktu setempat.

Baca Juga: Kemenkominfo Hentikan Siaran Analog, Punya Televisi Lama, Warga Banten tak Bisa Nonton TV?

Dilansir Kabar-Banten.com dari laman kominfo.go.id, kelima tahapan penghentian siaran TV analog tersebut dilakukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan peraturan turunan.

Halaman:

Editor: Kasiridho

Sumber: Kominfo


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X