Terjunkan Tim Pengawas, Disnakeswan Kabupaten Lebak Periksa Kualitas Daging Hewan Kurban

- 21 Juli 2021, 19:51 WIB
Seorang Petugas Pengawas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak tengah memeriksa kualitas daging hewan kurban, Selasa, 20 Juli 2021.
Seorang Petugas Pengawas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak tengah memeriksa kualitas daging hewan kurban, Selasa, 20 Juli 2021. /Dokumen Disnakeswan Lebak

KABAR BANTEN - Hari raya Idul Adha 1442 H, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lebak melakukan pengawasan terhadap kualitas daging hewan kurban di 93 titik lokasi di Kabupaten Lebak.

Pengawasan kualitas daging hewan kurban di 93 titik lokasi dilakukan oleh Tim Pengawas yang dibentuk Disnakeswan Kabupaten Lebak.

Adapun Tim Pengawas Disnakeswan Kabupaten Lebak sudah melakukan pengawasan kualitas daging hewan kurban sebanyak 873 ekor yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba.

Baca Juga: Usai Cuci Jeroan Daging Kurban, Santri Tewas Tenggelam di Sungai Ciberang Lebak, Begini Kronologinya

"Pengawasan dilakukan dengan pemeriksaan hewan kurban sebelum di sembelih," kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disnakeswan Kabupaten Lebak Hanik Malichatin kepada Kabar Banten, Rabu, 21 Juli 2021.

Kemudian, dilanjutkan pemeriksaan setelah disembelih (post mortem) pada
organ dalam hewan sembelihan. Seperti jantung, hati, paru, limpa, ginjal, lambung dan usus.

"Guna mengetahui adanya parasit maupun penyakit," katanya.

Baca Juga: Hari Tasyrik Setelah Idul Adha Dilarang Berpuasa, Ini Alasan dan Penjelasannya

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menugaskan tim pengawasan pemotongan hewan kurban ke titik-titik yang menyelenggarakan kegiatan pemotongan hewan kurban.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X