1.238 Desa di Banten Dapat Bantuan Masing-masing Rp60 Juta, Plt Kepala DPMD Ungkap Peruntukkannya

- 31 Januari 2023, 11:07 WIB
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Provinsi Banten Virgojanti.
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Provinsi Banten Virgojanti. /Idham Gofur/Kabar Banten

 

KABAR BANTEN – Sebanyak 1.238 desa di Provinsi Banten akan menerima bantuan dana desa dari Pemprov Banten masing-masing sebesar Rp 60 juta pada tahun 2023 ini.

Desa sebanyak itu terdapat di 118 kecamatan yang berada di 4 kabupaten di Provinsi Banten. Keempat kabupaten itu adalah Pandeglang, Lebak, Serang dan Tangerang.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Provinsi Banten Virgojanti mengatakan, nilai bantuan dana desa tersebut mengalami kenaikan drastis dibanding tahun sebelumnya. “Naik dong. Naik banget dibanding tahun lalu,” kata Virgojanti, Senin 30 Januari 2023.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa LPDP Reguler 2023 Dibuka, Ada Program Magister dan Doktor, Cek Persyaratannya

Diungkapkan Virgojanti, tahun 2022 lalu bantuan dana desa dari Pemprov Banten hanya Rp 15 juta per desanya, sehingga totalnya juga hanya sekitar Rp 18 miliar.

Dari jumlah tersebut, hingga akhir tahun anggaran 2022 ternyata juga hanya terserap 73 persen. Sebanyak 50 dari 286 desa yang ada di Kabupaten Tangerang tidak melakukan pengajuan pencairan dana tersebut hingga akhir tahun anggaran 2022.

Terkait hal itu, Virgojanti mewanti-wanti agar desa sedari dini melakukan pengajuan pencairan dana tersebut ke Pemprov Banten pada tahun anggaran 2023 ini.

“Sudah dibahas dengan APDESI (asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia-Provinsi Banten), kita berharap di triwulan I (2023) sudah mulai terserap,” kata Virgojanti yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Provinsi Banten itu.

Halaman:

Editor: Yomanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x