17.000 PKH di Kabupaten Serang Segera Jadi Penerima BPNT

- 29 September 2019, 11:30 WIB
BANTUAN-PANGAN-NON-TUNAI-BPNT-ilustrasi
BANTUAN-PANGAN-NON-TUNAI-BPNT-ilustrasi /

SERANG, (KB).- Sebanyak 17.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) akan segera masuk dalam penerima Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Ribuan KPM tersebut, merupakan warga yang belum ikut dalam BPNT tahun ini.

Koordinator PKH Kabupaten Serang Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang Farhah Syibli mengatakan, ribuan KPM PKH tersebut, sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Pusat, sehingga dipastikan mereka akan mendapatkan BPNT tahun ini.

"Data kami sudah terpadu dengan DTKS. Jadi, nanti seluruh KPM PKH akan menerima BPNT," katanya kepada Kabar Banten, Jumat (27/9/2019).

Ia menuturkan, nantinya penerima BPNT juga akan menjadi peserta PKH, sedangkan KPM PKH yang belum menerima BPNT seluruhnya akan mendapat bantuan BPNT atau disebut komplementaritas.

"Jadi, dari pusat sudah dipastikan semua peserta PKH pasti akan mendapatkan bantuan BPNT," ujarnya.

Ia mengatakan, data KPM BPNT yang akan ditarik menjadi peserta PKH, adalah KPM BPNT yang memiliki komponen pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial, seperti lansia dan diasabilitas.

Hal tersebut akan dilakukan setelah semua KPM masuk dalam BPNT. Prosesnya akan dilakukan secara bertahap. "Nanti bertahap akan dilakukan. Saat ini kan masih ada juga yang belum masuk BPNT," ucapnya.

Ia berharap, semua KPM PKH dapat tercover semua bantuan dari pusat. Sebab, PKH merupakan KPM yang paling miskin sesuai dengan kategori yang ada, sehingga mereka wajib menerima bantuan yang disediakan Pemerintah Pusat maupun daerah. "PKH itu paling miskin kalau dilihat dari kategori atau rangkingnya," tuturnya.

Selain itu, dia juga mendorong pendamping untuk dapat terus proaktif. Sebab, sejauh ini pendamping yang lebih intens melakukan komunikasi dengan pusat dan masyarakat, sehingga pendamping dapat membantu KPM yang belum tercover bantuan dari Pemerintah Pusat, termasuk BPNT.

Halaman:

Editor: Kabar Banten


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x