Dindik Siapkan Skema Sekolah Tatap Muka

- 14 Agustus 2020, 15:37 WIB
ilustrasi murid SD belajar /

KABAR BANTEN- Pemerintah mengizinkan sekolah di zona kuning mengadakan pembelajaran tatap muka. Kebijakan itu diatur dalam surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tentang penyesuaian pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Namun demikian, kegiatan belajar mengajar tatap muka masih tidak diberlakukan di Provinsi Banten.

Dinas Pendidikan Kota Tangerang pun mulai menyusun perencanaan tahap pembukaan sekolah di masa Pandemi Covid-19. Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, akan ada tiga tahap pembukaan sekolah, tetapi hal tersebut masih dalam sebatas wacana. "Kita masih sebatas wacana, belum ada keputusan," tuturnya, Jumat 14 Agustus 2020.

Adaapun tahap pembukaan tersebut dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, uji coba atau tahap transisi dengan mengizinkan 30 persen siswa masuk sekolah secara bergiliran. Dalam tahap pertama, hanya wali kelas yang boleh mengajar dan menghindari pergantian guru mata pelajaran tertentu. "Masa transisi nanti anak-anak 30 persen yang masuk, nanti wali kelas mengajar," bebernya.

Baca Juga: Sebelum Pelaksanaan KBM Tatap Muka, Wali Kota Serang Minta Guru Dirapid Test

Kemudian tahap kedua akan ditambah menjadi 50 persen dengan kapasitas maksimal per kelas 18 siswa untuk jejang SMP dan 16 siswa untuk jenjang SD. Tahap ketiga akan ditetapkan periode masuk kelas dalam seminggu mengikuti pembelajaran tatap muka dua atau tiga hari dalam seminggu.

Akan tetap tahap ini ditegaskan Jamal masih dalam tahap wacana saja, untuk penerapannya dia tidak bisa memastikan kapan akan dimulai kembali pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Kita ikut (keputusan) pak Wali Kota kita, karena nanti kalau masih ada kenaikan pasien terkena virus ini kita khawatir (akan terjadi penularan)," ungkapnya.

Baca Juga: Dindikbud Kota Serang Simulasikan KBM Tatap Muka pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Seperti diketahui, wilayah Kota Tangerang hingga saat ini masih menutup sekolah untuk proses belajar mengajar secara tatap muka. Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan untuk sementara jadwal pembukaan tatap muka ditetapkan pada Desember 2020 mendatang sambil melihat kondisi perkembangan Covid-19 di tengah Kota Tangerang.

Halaman:

Editor: Yandri Adiyanda


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X