Pertama Kali di Provinsi Banten, Kenaikan Covid-19 Lebih dari 100 Kasus Dalam Sehari

- 16 September 2020, 07:08 WIB
Covid-19-ilustrasi-1-696x469-5 /

KABAR BANTEN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten mencatat, kenaikan kasus Covid-19 di Provinsi Banten untuk pertama kalinya lebih dari 100 kasus. Kenaikan itu salah satunya disebabkan semakin masifnya mobilitas masyarakat.

Berdasarkan data Dinkes Banten, terjadi penambahan positif Covid-19 Selasa 15 September 2020. Jumlah penambahan sebanyak 137 kasus dengan rincian Kabupaten Tangerang 38 kasus, Kota Cilegon 27 kasus, Kota Tangerang 26 kasus, Kabupaten Lebak 19 kasus, Kabupaten Serang 10 kasus, Kabupaten Pandeglang 7 kasus, Kota Tangsel 7 kasus, dan Kota Serang 3 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Banten, Ati Pramudji H mengatakan, dalam sejarah covid di Banten, baru hari ini penambahan kasus di kabupaten/kota Banten per hari lebih dari 100. Ada beberapa penyebab yang membuat peningkatan kasus itu. Pertama, semakin masifnya swab PCR yang dilakukan oleh Dinkes Kabupaten/Kota dan Provinsi melalui kegiatan tracing dan screening.

"Kedua, mobilitas masyarakat semakin tinggi. Ketiga, menurunnya kesadaran masyarakat terhadap sense of crisis pandemic Covid-19 dalam penerapan protokol kesehatan. Keempat, belum optimalnya penerapan protokol kesehatan di semua sektor," katanya, Selasa 15 September 2020.

Baca Juga : Perkembangan Covid-19 di Kota Serang : Banyak Klaster Keluarga Bermunculan

Atas kondisi itu diperlukan beberapa langkah. Pertama, dukungan semua elemen untuk dapat mengimplementasikan Pergub 45 Tahun 2020 yang merupakan perubahan atas Pergub 38 Tahun 2020 tentang Penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19 di Banten.

"Kedua dukungan semua elemen untuk melakukan edukasi dalam membangkitkan sense of crisis pandemi Covid-19 di masyarakat," katanya.

Ketiga, bagi warga positif covid tanpa gejala atau dengan gejala ringan yang memilih isolasi mandiri, untuk disiplin menerapkan tatacara isolasi mandiri yang benar. "Agar tidak menjadi pemicu bertambahnya klaster keluarga. Bersama satukan visi dan misi serta bergandeng tangan tanpa harus menyalahkan dengan satu tujuan yakni menyelamatkan rakyat Banten," ujarnya

Klaster keluarga

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X