Warga Terdampak Banjir Bandang di Lebak Masih Terisolasi

- 16 September 2020, 13:57 WIB
Warga Desa Lebaksangka, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak bergotong-royong membuat jembatan darurat. /Galuh Malpiana/
KABAR BANTEN - Warga Desa Lebaksangka, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak hingga saat ini masih terisolasi. Sebab, jembatan yang terputus akibat diterjang banjir bandang pada awal tahun 2020 lalu belum diperbaiki.
 
Jembatan yang terputus itu merupakan jembatan utama yang menghubungkan Desa Lebaksangka dengan Desa Banjaririgasi, Kecamatan Lebakgedong. Untuk akses transportasi, warga penyintas hanya menggunakan jembatan darurat terbuat dari kayu.
 
"Warga yang terisolisolasi satu desa, meliputi Kampung Padurung, Kampung Cibarani dan Kampung Pasirlangkap,"kata salah seorang relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Sopian, Rabu 16 September 2020.
 
 
Menurut dia, masih terisolirnya akses transportasi di wilayah itu,  karena jembatan yang putus akibat banjir bandang merupakan akses utama warga dalam menjalankan aktivitasnya. Di daerah itu juga belum tersedia akses jalan lain yang dapat dilalui dengan aman.
 
"Ketika jembatannya putus. Maka roda perekonomian warga menjadi lumpuh. Lantaran tidak bisa menjalankan aktivitas secara normal," katanya.
 
Pasca jembatan putus, kata dia, warga tidak berdiam diri menunggu datangnya bantuan. Mereka secara swadaya melakukan pembangunan jembatan darurat.
 
 
"Jembatan darurat dibuat dari bambu dan kayu. Yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan yang dilakukan secara bergotong-royong, agar bisa dilalui orang dan sepeda motor secara aman," katanya.
 
Sementara, salah seorang warga, Rudi berharap, pemerintah daerah bisa segera  memperbaiki jalan putus di wilayahnya akibat diterjang banjir bandang.
 
"Harapan saya pemerintah bisa segera dibangun kembali secara permanen. Karena, jembatan ini merupakan akses utama warga dalam menjalankan aktivitas," katanya.***

Editor: Rifki Suharyadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X