Peringatan Dini BMKG : Perairan Selatan Banten Berpotensi Gelombang Tinggi Capai 6 Meter 

- 17 September 2020, 07:10 WIB
GELOMBANG tinggi.*/DOK. PR /

KABAR BANTEN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang Perairan selatan Banten 4,0 sampai 6,0 meter sehingga membahayakan bagi nelayan perahu berukuran kecil juga pelayaran.

Mengutip dari laman resmi maritim.bmkg.go.id, terdapat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 8 - 20 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 8 - 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, dan Perairan Merauke.

Baca Juga: Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Cihara Ditemukan Tewas

Sementara, gelombang sangat tinggi dengan ketinggian 4 sampai 6 meter berpotensi terjadi di enam wilayah, yaitu Samudera Hindia Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten, Perairan Selatan Jawa Timur, dan Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah dan NTB.

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.***

Editor: Rifki Suharyadi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X