Tiga Puskesmas di Kota Tangerang Disiapkan Jadi Ruang Isolasi OTG Covid-19

- 21 September 2020, 23:02 WIB
puskesmas ilustrasi /

 

KABAR BANTEN - Sebanyak tiga (3) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Tangerang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk dijadikan ruang isolasi bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

Ketiga Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Panunggangan Barat, Puskesmas Gebang Raya dan Puskesmas Jurumudi. Selain itu, Pemkot Tangerang juga sudah menyulap Rumah Perlindungan Sosial (RPS) di Kecamatan Neglasari untuk ruang isolasi OTG Covid-19.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, jumlah kebutuhan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Rumah Sakit (RS) yang ada di Kota Tangerang semakin meningkat. Oleh karena itu, Pemkot sudah menyediakan empat ruang isolasi pasien OTG Covid-19, yakni Gedung RPS, Puskesmas Panunggangan Barat, Puskesmas Gebang Raya dan Puskemas Jurumudi.

“Saat ini, tingkat kebutuhan tempat tidur pasien Covid-19 di RS sudah mencapai 72,06 persen. Untuk mengantisipasinya, kami sudah menyiapkan tiga Puskesmas dan satu Gedung RPS untuk dijadikan ruang isolasi pasien OTG Corona,” ungkap Arief kepada wartawan di Puskemas Jurumudi, Senin 21 September 2020.

Baca Juga : Hingga 5 Oktober 2020, PSBB di Tangerang Raya Kembali Diperpanjang

Arief mengingatkan kepada pasien OTG Covid-19 untuk tidak melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal itu dikhawatirkan bisa menularkan kepada keluarga dan tetangganya.

“Pasien OTG tidak boleh isolasi mandiri di rumah, kita sudah siapkan ruang isolasi yang sudah dilengkapi fasilitas dan tenaga medis,” imbuhnya.

Dalan tinjauan yang dilakukan bersama sejumlah kepala OPD Pemkot Tangerang tersebut, Arief meminta agar proses pembenahan Puskesmas dilakukan dengan cepat agar dapat dipergunakan dalam waktu dekat.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X