Pemkot Cilegon Menuju Zona Integritas

- 25 September 2020, 02:16 WIB
logo kota cilegon /

KABAR BANTEN - Keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk meraih predikat Zona Integritas masih belum terwujud. Untuk mencapai keinginan tersebut, Pemkot Cilegon meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkunganya segera melaporkan daftar kekayaan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kabag Organisasi Setda Kota Cilegon Simon Agustinus Mbete Wangge mengatakan, selama ini kewajiban pelaporan harta kekayaan hanya diberikan kepada pejabat setingkat Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jabatan strategis tertentu.

Namun menyusul adanya amanat yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah, maka ASN pun diwajibkan untuk melaporkan harta kekayaan.

“Jadi pelaporan LHKASN ini langsung secara online ke KemenPAN-RB. Itu melalui siharka.menpan.go.id dengan menggunakan user masing-masing yang dikoordinir oleh setiap OPD. Jadi bagi mereka yang sudah melapor ke LHKPN maka tidak perlu lagi melapor ke LHKASN,” katanya, Rabu 23 September 2020.

Baca Juga : Ternyata Gara-gara Ini Cilegon Zona Merah

Menurut Sam Wangge, panggilan akrabnya, pihaknya telah menyosialisasikan hal tersebut kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkot Cilegon. Itu mulai ASN di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga tingkat kecamatan dan kelurhaan.

“ASN berstatus P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) juga wajib melaporkan harta kekayaan. Tapi di Pemkot Cilegon kan belum ada ASN berstatus P3K. Kalau TKK (Tenaga Kerja Kontrak) dan THL (Tenaga Harian Lepas) tidak masuk dalam pihak yang memiliki kewajiban itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag Kelembagaan dan Analisa Formasi Jabatan (Anforjab) Bagian Organisasi Setda Pemkot Cilegon Ipung Setianingrum mengatakan, pihaknya telah mendata sebanyak 42 persen ASN yang sudah membuat user (melaporkan harta kekayaan). Ia meyakini jumlah ini terus bertambah.

“Ini kami yakini akan bertambah terus. Terlebih kami ini kan baru di launching di kami,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X