3 PPK di Kabupaten Serang Disidang Bawaslu Banten, Ini Dugaan Pelanggarannya

- 26 Maret 2024, 10:05 WIB
Ketua KPU Kabupaten Serang Muhamad Nasehudin saat memberi penjelasan terkait tiga PPK disidang Bawaslu Provinsi Banten.
Ketua KPU Kabupaten Serang Muhamad Nasehudin saat memberi penjelasan terkait tiga PPK disidang Bawaslu Provinsi Banten. /Kabar Banten/Dindin Hasanudin/

KABAR BANTEN - Sebanyak tiga PPK di Kabupaten Serang dilaporkan ke Bawaslu Provinsi Banten. Ketiga PPK di Kabupaten Serang tersebut dilaporkan atas dugaan tidak sinkronnya hasil rekapitulasi perolehan suara DPR RI dengan para saksi.

Karena laporan tersebut, ketiga PPK di Kabupaten Serang tersebut harus melakukan sidang di Bawaslu Provinsi Banten untuk menguji kebenaran tahapan dan prosedur yang telah dilakukan.

Ketua KPU Kabupaten Serang Muhamad Nasehudin membenarkan adanya penyelenggara pemilu tingkat kecamatan yang disidang Bawaslu Provinsi Banten.  Dimana sidang tersebut terkait keberatan saksi yang merasa ada hasil rekapitulasi yang dianggap kurang sinkron dengan data yang dimiliki saksi.

Baca Juga: Bawaslu Kabupaten Serang Proses 2 Laporan Dugaan Pelanggaran Caleg Nasdem dan Golkar

Namun karena waktu rekapitulasi sudah lewat maka ruangnya harus melalui Bawaslu Provinsi Banten. Dalam hal ini kata dia administrasi lebih pada tatacara, prosedur dan mekanisme.

"Jadi Bawaslu akan mengukur apakah tatacara, prosedur dan mekanisme terkait rekapitulasi di setiap tingkatan dianggap sesuai atau tidak maka itu diuji di Bawaslu," ujarnya kepada Kabar Banten, Senin 25 Maret 2024.

Naseh mengatakan untuk di Kabupaten Serang dipastikan rekapitulasi sudah sesuai dengan aturan. Bahkan dalan rekapitulasi dibuka live streaming. "Tata caranya jelas," ucapnya.

Ia mengatakan ada lun pihak pihak yang merasa tidak sesuai ruangnya ada di Bawaslu.

Baca Juga: Sidang Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024 di Bawaslu Provinsi Banten, Saksi Pelapor Ungkap Perbedaan Data

Halaman:

Editor: Maksuni Husen


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah