1549852

Al Muktabar Ditugaskan Kemendagri RI Jadi Plh Gubernur Banten, Akademisi Untirta Pertanyakan Dasar Hukumnya

- 13 Mei 2024, 21:35 WIB
Al Muktabar yang kini mendapatkan tugas sebagai Plh Gubernur Banten 2024.
Al Muktabar yang kini mendapatkan tugas sebagai Plh Gubernur Banten 2024. /Kabar Banten /Irfan Muntaha

KABAR BANTEN – Sejak Senin, 13 Mei 2024 Al Muktabar resmi mendapat tugas dari Kemendagri RI sebagai Pelaksana harian atau Plh Gubernur Banten. Hanya saja, dasar hukum penugasan tersebut dipertanyakan.

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Afirman Oktavianus mengatakan, penempatan pelaksana harian atau Plh kepala daerah atau dalam hal ini Gubernur Banten diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

"Penugasan plh kepala daerah baik itu gubernur, bupati, dan wali kota itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah," katanya kepada Kabar Banten pada Minggu, 12 Mei 2024.

Menurut aturan tersebut, ujar dia, jabatan plh kepala daerah baik gubernur, wali kota, dan bupati bisa diisi oleh sekretaris daerah.

"Jadi kalau kemudian pak Al Muktabar ini sebagai Sekda Banten, kemudian ditugaskan menjadi Plh Gubernur Banten, nah ini sudah benar, sudah sesuai aturan," ucapnya.

Hanya saja, menurut akademisi yang konsen di bidang Hukum Tata Negara itu, ada yang janggal. Sebab, menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, jabatan Plh hanya ketika kepala daerah dalam hal ini gubernur dan wakil gubernur berhalangan sementara.

Hal itu, tutur dia, nampak kontras dengan fakta hukum dengan jabatan Gubernur Banten saat ini.

"Plh itu kan hanya untuk ketika kepala daerah berhalangan sementara. Sementara itu, saat ini status jabatan Gubernur Banten bukan berhalangan sementara, tetapi berhalangan tetap atau kosong," katanya.

Karena itu, Afirman kemudian mempertanyakan dasar hukum yang dipakai Pemerintah Pusat dalam penugasan Plh Gubernur Banten kepada Al Muktabar yang kini juga sedang menjadi Sekda Provinsi Banten.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah