Permudah Komunikasi Antar Dinas di Pemkot Cilegon, Diskominfo Sosialisasi Penggunaan Email Dinas

- 15 Mei 2024, 17:00 WIB
Suasana sosialisasi penggunaan email dinas instansi di Pemkot Cilegon yang digelar Diskominfo Kota Cilegon.
Suasana sosialisasi penggunaan email dinas instansi di Pemkot Cilegon yang digelar Diskominfo Kota Cilegon. /Dokumen Diskominfo Kota Cilegon

KABAR BANTEN - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Cilegon mengadakan sosialisasi penggunaan surat elektronik atau E-mail Dinas di Pemerintah Kota Cilegon, di Ruang Rapat Diskominfo Kota Cilegon, Rabu 15 Mei 2024. 

Acara yang dihadiri oleh puluhan peserta dari perwakilan organisasi perangkat Daerah (OPD) itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Cilegon Agus Zulkarnain dengan didampingi Kepala Bidang Aplikasi Teknologi dan Informasi Diskominfo TB Sofat. 

Dalam kesempatan itu, Agus mengungkapkan bahwa e-mail dinas diterapkan untuk memfasilitasi komunikasi resmi yang efisien antar-pegawai dalam lingkup Pemkot Cilegon, maupun antar-instansi lain baik pusat ataupun daerah.

"Selain itu, e-mail dinas juga sekarang menjadi salah satu syarat dalam registrasi pembuatan tanda tangan elektronik atau TTE yang kini mulai diterapkan," kata Agus. 

Ia menuturkan, jika e-mail dinas dapat dijadikan sebagai jejak komunikasi tertulis yang dapat digunakan sebagai referensi atau bukti dokumentasi. 

"E-mail dinas juga dapat memungkinkan kita untuk mengirim berkas lampiran seperti dokumen, gambar atau persentasi. Ini bisa memudahkan kita untuk bertukar informasi dan kolaborasi dalam satu tugas kedinasan," ujarnya.

Selain itu, Agus juga mengatakan bahwa e-mail dinas dilengkapi dengan fitur keamanan enkripsi dan autentikasi, sehingga hal itu dapat membantu menjaga kerahasiaan dan integritas informasi yang dikirim melalui e-mail. 

"Dengan kita menggunakan e-mail dinas, kita dapat mengurangi biaya atau anggaran yang terkait dengan pengiriman surat fisik," tuturnya.

Agus berharap dengan penggunaan e-mail dinas dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi dan profesionalisme di masing-masing OPD. 

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah