Jelang Idul Adha, Puskeswan Pandeglang Antisipasi Penyebaran PMK dan LSD pada Hewan Kurban

- 11 Juni 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi hewan kurban. Puskeswan Pandeglang antisipasi penyebaran PMK dan LSD pada hewan kurban jelang Idul Adha.
Ilustrasi hewan kurban. Puskeswan Pandeglang antisipasi penyebaran PMK dan LSD pada hewan kurban jelang Idul Adha. /Kabar Banten /Aldo Marantika

KABAR BANTEN – Menjelang hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) melakukan antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit cacar pada hewan kurban.

Dokter Hewan UPT Puskeswan Pandeglang, Ade Nurhasanah mengatakan, bahwa kegiatan antisipasi pencegahan PMK dan LSD ini bertujuan untuk memastikan bahwa hewan kurban yang akan disembelih dalam kondisi sehat dan bebas dari penyakit, sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat.

"Kami optimistis tidak ada kasus PMK pada hewan kurban di Kabupaten Pandeglang. Kami sudah melakukan monitoring dan pengecekan kesehatan hewan kurban di beberapa lapak terdekat, termasuk kambing, domba, dan sapi,"kata Nurhasanah kepada awak media, Selasa 11 Juni 2024.

Nurhasanah menjelaskan, bahwa pengecekan hewan kurban itu dilakukan secara menyeluruh di Kabupaten Pandeglang, Namun, belum dilakukan karena masih menunggu instruksi dari bidang kesehatan hewan.

"Biasanya sih satu minggu sebelum Hari Raya Idul Adha, kita rutin melakukan pengecekan pada hewan kurban yang ada di kabupaten pandeglang,"jelasnya.

Nurhasanah juga menyamkaikan, beberapa pemilik lapak hewan kurban di Pandeglang yang meminta petugas untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban mereka.

"Biasanya pemilik lapak meminta pengecekan untuk mengetahui kesehatan hewan kurban, karena ternaknya baru turun,"ungkapnya.

Lebih lanjut Nurhasanah mengatakan, dalam pencapaian target nol kasus PMK, Puskeswan Pandeglang rutin melakukan pemeriksaan dan hingga saat ini belum menemukan kasus terhadap hewan kurban. Sehingga dirinya optimis hewan kurban di setiap lapak di wilayah Kabupaten Pandeglang tidak terdapat penyakit PMK dan LSD.

"Kondisi hewan ternak dinilai sehat berdasarkan gejala klinis, mulai dari mata, mulut, hingga kaki,"tandasnya.***

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah