Tindak Lanjuti Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Libatkan Anak, Ini yang Dilakukan Bawaslu

- 17 Oktober 2020, 21:08 WIB
Pilkada Ilustrasi /


KABAR BANTEN - Pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang mengaku sedang menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran kampanye melibatkan anak-anak saat kampanye calon wakil Bupati Serang nomor urut 2 belum lama ini.

Bawaslu kini sedang melakukan kajian atas laporan tersebut untuk memastikan apakah laporan itu bisa diregister atau tidak.

Komisioner Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Serang Ari Setiawan mengatakan, pada Kamis 15 Oktober pihaknya menerima laporan kaitan kampanye melibatkan anak-anak yang diduga dilakukan calon Wakil Bupati Serang nomor urut 2 Eki Baihaki.

Baca Juga: Tujuh Bulan Berjibaku Tangani Covid-19, Ini yang Dirasakan Wali Kota Tangsel Airin

Untuk laporan ini, pihaknya masih melakukan kajian sebelum kemudian ditetapkan sebagai temuan atau laporan diregistrasi. "Kalau nanti diregister atau masuk syarat formil dan materil laporan atau temuan diproses seperti biasa penanganan pelanggaran di Bawaslu," ujarnya kepada Kabar Banten, Jumat 16 Oktober 2020.

Ari menjelaskan, untuk penanganan pelanggaran Bawaslu ada waktu tiga plus dua hari, terhitung sejak diregister. Disinggung soal larangan kampanye melibatkan anak-anak, ia mengatakan, aturan itu tertuang dalam PKPU 11 dan 13 tahun 2020 kaitan larangan melibatkan anak-anak.

"Sanksinya ada kalau melibatkan anak-anak, tapi kami kaji dulu apakah memenuhi unsur formil laporan atau tidak," ucapnya.

Baca Juga: KONI Kota Serang Minta Hibah Rp 9 Miliar, Ini Alasannya

Jika laporan itu memenuhi unsur formil dan materil, maka akan ditindaklanjuti dengan proses klarifikasi pada pihak untuk dimintai keterangan baru kemudian dikaji kembali.

Untuk saat ini ia pun belum mengetahui dimana lokasi kampanye yang melibatkan anak-anak tersebut terjadi. "Belum tahu yah dimana kegiatannya saya harus croscek tapi itu laporannya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Yomanti


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X