Kampung Teras Pancasila Diusulkan Jadi Laboratorium Sosial

- 18 Oktober 2020, 18:50 WIB
Pancasila /

KABAR BANTEN - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyambut baik usulan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang ingin menjadikan Kampung Teras Pancasila di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang sebagai laboratorium sosial untuk perguruan tinggi atau akademisi.

"Kami sangat senang dan menyambut baik. Tak hanya jadi ornamen atau hiasan di setiap sudut kampung, penerapan Ideologi Pancasila sangat terasa di kampung ini, mulai dari berketuhanan hingga kehidupan sosialnya," ujar Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman, Ahad 18 Oktober 2020.

Kampung Teras Pancasila di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang dikunjungi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Jumat 16 Oktober 2020.

Baca Juga : Edukasi Kalangan Milenial, Mahasiswa Dorong Kampung Pancasila

Kampung yang diresmikan pada Mei 2019 itu memiliki keunikan tersendiri, dimana di dalamnya terdapat berbagai ormamen khas Pancasila serta tugu-tugu yang menjadi simbol pada sila-sila Pancasila.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Haryono mengatakan, di kampung ini Pancasila bukan hanya dihafal atau hanya sebagai wacana, disini lebih dari itu Pancasila sudah menjadi bagian hidup berperilaku antarwarga.

"Ini bisa menjadi salah satu contoh untuk kehidupan bersosial yang baik, tak ada energi terbuag untuk saling membenci dan saling curiga, karena warganya sibuk dengan kegiatan yang positif. Ini menjadi salah satu bentuk inovasi dalam segi pengenalan Pancasila kepada seluruh warga serta anak-anak muda di lingkungan ini," ujarnya usai melakukan kunjungan ke Kampung Teras Pancasila.***

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X