Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa, Kepala Kantor Bahasa Banten Sampaikan Ini

- 26 Oktober 2020, 22:17 WIB
Kepala Kantor Bahasa Banten (KBB), Halimi Hadibrata saat menyampaikan materi dalam diskusi kelompok terpumpun penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Provinsi Banten, yang diselenggarakan KBB di salah satu hotel di Kota Serang, Senin, 26 Oktober 2020. /Denis Asria/

KABAR BANTEN - Kepala Kantor Bahasa Banten (KBB) Halimi Hadibrata menyampaikan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan media massa di Provinsi Banten terkait penggunaan Bahasa Indonesia yang lebih baik. 

"Kami siap bersinergi dalam penggunaan bahasa yang lebih baik agar terjadi peningkatan penggunaan bahasa dari tahun ke tahun," ujar Halimi, dalam kegiatan "Diskusi Kelompok Terpumpun Penggunaan Bahasa di Media Massa Provinsi Banten", di salah satu hotel di Kota Serang, Senin, 26 Oktober 2020.

Ia menilai, peran media massa sangat penting dalam memberikan edukasi penggunaan bahasa Indonesia yang benar dan baik kepada masyarakat. Perlu adanya pemahaman dalam memaknai bahasa yang diungkapkan, sehingga pengungkapannya pun harus sesuai agar masyarakat dapat memahami.

"Jangan sampai masyarakat ikut menggunakan bahasa yang salah melalui media massa. Sehingga peran media itu sangat penting kepada masyarakat agar menyampaikannya harus benar dan baik. Kemudian, perlu adanya pemahaman dalam memaknai bahasa yang digunakan," ujar Halimi.

Baca Juga : Literasi di Pulau Tunda, Duta Bahasa Sampaikan Ini

Ia mengungkapkan, kantor bahasa juga melakukan pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa Indonesia pada media massa. Setiap media massa diharapkan peduli terhadap penggunaan bahasa yang benar dan baik serta termotivasi untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bahasa jurnalistik.

"Kami berharap media massa di Banten peduli terhadap penggunaan bahasa yang benar dan baik. Kemudian, dapat termotivasi untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Indonesia," ujar Halimi.

Dalam kegiatan tersebut, Kantor Bahasa Banten mengumumkan hasil pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa Indonesia pada media massa di Provinsi Banten. Hasilnya, kabarbanten.pikiran-rakyat.com menempati peringkat kedua sebagai media massa daring di Provinsi Banten yang menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik.***

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X