Ternyata Kota Serang Bergantung ke Daerah Ini Untuk Cukupi Kebutuhan Pangan

- 21 Juli 2020, 12:00 WIB
beras

SERANG, (KB).- Untuk memenuhi kebutuhan pangan di Kota Serang, Dinas Pertanian Kelautan dan Peternakan (DPKP) andalkan kiriman dari luar daerah, yakni Pandeglang dan Karawang. 

Selain karena lahan pertanian berkurang, penyebabnya yaitu dampak Pandemi Covid-19 sehingga para petani tidak bisa menanam dan memanen.

Kepala DPKP Kota Serang Edinata Sukarya mengatakan, saat ini Kota Serang mengandalkan beras dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan.

"Untuk memenuhi kebutuhan pangan di Kota Serang kami mengambil beras dari Pandeglang dan Karawang. Karena memang untuk menyuplainya kurang," katanya, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) seluas 3.053 hektare tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan di Kota Serang. Idealnya lahan pertanian harus lebih besar atau sekitar 8.000 hektare untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan jumlah penduduk lebih dari 600 ribu jiwa.

"Jelas masih kurang, memang kan sudah diikat dengan Peraturan daerah (Perda) LP2B untuk lahan pertanian itu seluas 3.054 hektare, tapi luasan itu tidak dapat mencukupi kebutuhan pangan di Kota Serang. Bahkan tahun lalu saja kami mengalami defisit sekitar 20 ribu ton. Itu saja dengan luas lahan pertanian sekitar 7000 ribu hektare," ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pangan pada DPKP Kota Serang Andriyani mengatakan, tahun lalu ketersediaan beras di Kota Serang baru mencapai 42.328 ton dari luas lahan pertanian 7.900 hektare.

"Kalau menghitung jumlah penduduk sebanyak 655 ribu jiwa, maka konsumsi beras sekitar 106,7 kilo gram perkapita per tahun," ucapnya. (Rizki)*

Editor: Kabar Banten


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X