Menyambut Datangnya Lailatul Qadar, Quraish Shihab: Persiapkan Hati dengan Damai

- 4 Mei 2021, 06:31 WIB
Quraish Shihab dan Gus Baha saat mengisi acara Shihab & Shihab dengan tema Lailatul Qadar
Quraish Shihab dan Gus Baha saat mengisi acara Shihab & Shihab dengan tema Lailatul Qadar /Tangkapan layar YouTube Narasi TV


KABAR BANTEN - Islam menganjurkan pada sepuluh hari menjelang berakhirnya bulan Ramadan, umat Islam yang menjalankan ibadah puasa untuk menyambut datangnya malam istimewa yang dinamakan lailatul qadar.

Bagaimana persiapan umat Islam menyambut lailatul qadar? Pendiri Pusat Studi Al Quran M Quraish Shihab menjelaskan lailatul qadar adalah tamu agung.

Oleh karena itu, hanya kepada seseorang yang sudah siap, lailatul qadar akan berkunjung.

Baca Juga: Lailatul Qadar Menurut Pandangan Ulama, Perkiraan Waktu, Tanda-tanda dan Tuntunannya

" Selama ini persiapnnya saat tanggal 27 Ramadan saja, padahal semestinya disiapkan sebelumnya. Rajab adalah masa menanam, Sya'ban masa menyiram dan Ramadan masa memanen," kata Quraish Shihab dalam acara "Shihab & Shihab" dengan tema "Bersama Gu Baha, Mencari Lailatul Qadar" dengan tamu KH Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha yang ditayangkan di channel Youtube Narasi TV, Senin 3 Mei 2021.

Menurut pakar tafsir Al Quran ini, hal yang penting dalam menyambut datangnya lailatul qadar yakni mempersiapkan hati dengan damai.

"Persiapkan hati. Damai dengan diri Anda, damai dengan orang lain. Lailatul qadar tidak datang kepada orang yang hatinya tidak damai," kata penulis buku "Membumikan Al Quran" ini.

Baca Juga: Mengenal Gua Hira, Tempat Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama Alquran di Bulan Ramadan

Quraish Shihab juga menekankan kepada umat Islam jangan berkecil hati jika tidak mendapatkan lailatul qadar karena banyak anugerah Allah SWT yang lain.

"Anugerah Allah SWT bukan hanya lailatul qadar. Ada yang merasakan hembusan angin, anugerah tanpa diminta dan anugerah yang sesuai dengan permintaan," katanya.

Halaman:

Editor: Maksuni Husen

Sumber: YouTube


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X