Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Zona Kuning, MUI Imbau Utamakan Protokol Kesehatan

- 13 Juli 2020, 22:30 WIB
Idul Adha di masa Pandemi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serang mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Serang untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan pada pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 Hijriah, walaupun Banten kini sudah dinyatakan turun status ke zona kuning dalam penyebaran Covid-19. Hal itu agar tidak ada lagi peningkatan penularan virus tersebut di masyarakat.

Ketua MUI Kabupaten Serang KH Rahmat Patoni mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini masyarakat diimbau untuk mengutamakan protokol kesehatan masing-masing maupun tempat ibadahnya. Walaupun daerahnya masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19, pelaksanannya tetap dijalankan dengan kebijakan yang ada.

"Pelaksanaannya tetap seperti Idul Fitri kemarin. Jadi kondisional aja, kami juga imbau supaya masyarakat tetap utamakan protokol kesehatannya," katanya kepada Kabar Banten, Sabtu (11/7/2020).

Tak hanya itu, lanjutnya, saat ini pemerintah pusat pun telah menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 Hijriah. Pelaksanaan shalat di masing-masing wilayah diperbolehkan dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Tempat ibadah juga harus tetap menerapkan sosial distancing atau jaga jarak.

"Intinya sih sama seperti Idul Fitri shalatnya. Di kampung saya tetap melaksanakan tapi masyarakat sudah paham dalam penggunaan masker dan lainnya. Kemudian di streilkan (Tempat ibadahnya)," ucapnya.

Dia berharap, pelaksanaan atau perayaan Idul Adha tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semua masyarakat dapat melaksanakan dengan khusyuk, baik dalam pelaksanaan ibadahnya maupun proses pemotongan hewan kurbannya. Sehingga penularan dan penyebaran wabah pun diharapkan dapat teratasi.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Kabupaten Serang Tb Syihabudin menjelaskan, pelaksanaan shalat Idul Adha di Kabupaten Serang tahun ini masih dalam pembahasan bersama pihak-pihak terkait. Sebab pandemi Covid-19 hingga saat ini masih harus diwaspadai dan masyarakat dianjurkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami masih membahasnya soal pelaksanaan shalat Idul Adha. Tapi yang pasti sepertinya tidak beda jauh dengan pelaksanaan shalat idul fitri kemarin," katanya. (Tresna Mulyanawati)*

Editor: Kabar Banten


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X