Baznas Sampaikan Isu Terkini Soal Penyaluran Bantuan, Berikut Ini Pernyataan Lengkapnya

- 30 Maret 2024, 17:51 WIB
Suasana penerima bantuan dari penyaluran zakat oleh Baznas.
Suasana penerima bantuan dari penyaluran zakat oleh Baznas. /Instagram@baznasindonesia/

KABAR BANTEN - Baznas RI menyampaikan pernyataan menyikapi isu terkini berkenaan dengan penyaluran bantuan.

Dalam pemberitaan akhir-akhir ini Baznas dikesankan aktif menggandeng perusahaan yang dianggap membantu Israel.

Terhadap hal tersebut, Baznas menjelaskan terhadap hal tersebut. Berikut pernyataan lengkapnya yang dilansir dari unggahan Instagram@baznasindonesia Jumat 29 Maret 2024.

Assalamualaikum, sahabat BAZNAS terimakasih atas kepeduliannya pada pengelolaan zakat di Indonesia.

BAZNAS adalah Lembaga Pemerintah Nonstruktural yang menjalankan pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya dari perorangan dan badan serta menyalurkannya kepada mustahik yang membutuhkan sebagaimana ditulis dalam UU 23/2011. BAZNAS diaudit oleh KAP dan mendapat predikat wajar tanpa pengecualian serta mendapatkan pembinaan dan pengawasan dari pemerintah serta senantiasa berkonsultasi dengan MUI.

Bahwa posisi BAZNAS adalah menerima donasi perusahaan atau donasi pelanggan untuk disalurkan sebagaimana kewajiban kami.

Donasi yang diterima BAZNAS telah melewati diskusi dan proses kajian termasuk kajian syariah dan tidak melanggar pesan MUI tentang kepedulian kepada Palestina. BAZNAS akan terus berupaya memanfaatkan semua donasi tersebut untuk kemaslahatan umat.

BAZNAS tidak menyalurkan zakat masyarakat dengan membeli produk resto yang dimaksud. BAZNAS memang menerima donasi dari perusahaan dan pelanggan resto untuk kami salurkan ke masyarakat sebagaimana tugas utama kami. Kami juga tidak menggunakan zakat masyarakat untuk membeli produk perusahaan yang saat ini sedang diterpa isu boikot.

Kami tidak pernah ada kerja sama promosi dan iklan marketing produk perusahaan tertentu dan tetap dalam menjalankan tugas penerimaan donasi dan penyalurannya. Dalam hal ini setiap donatur perusahaan tetap dapat menyampaikan mengenai donasi ke BAZNAS sebagai bentuk transparansi publik.

Halaman:

Editor: Maksuni Husen

Sumber: Instagram@baznasindonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah