Kasus Covid-19 Meningkat, Kejar 'Herd Immunity,' Kabupaten dan Kota Tangerang Butuh Tambahan Vaksin

- 23 Juni 2021, 15:09 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19 /Gilang/Kabar Banten

KABAR BANTEN - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang membutuhkan tambahan vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat dan Pemprov Banten untuk mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok bagi 1,2 juta jiwa atau 70 persen dari populasi warga di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan stok vaksin yang ada saat ini sekitar 50.000 dosis dan disiapkan untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 massal yang diselenggarakan oleh 38 puskesmas dan TNI/Polri sebanyak 15.000 sasaran per hari.

"Jumlah stok yang kita miliki saat ini masih terbatas dan membutuhkan tambahan dari pemerintah pusat maupun Pemprov Banten, sebab kegiatan vaksinasi Covid-19 kita laksanakan secara massal setiap hari," kata Arief, Rabu, 23 Juni 2021.

Baca Juga: Kabar Duka dari Banten, Ketua IDI Kota Tangsel Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Arief menjelaskan Pemkot Tangerang memiliki kendala keterbatasan jumlah tenaga kesehatan. Karena, selain vaksinasi massal, tenaga kesehatan juga ditugaskan melakukan tracing dan testing kepada masyarakat seiring lonjakan kasus.

Pemkot juga menambah Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) atau tempat isolasi mandiri bagi perawatan pasien positif Covid-19 dan membutuhkan tenaga kesehatan.

"Tenaga kesehatan ini terbatas, karena kita bagi untuk vaksinasi, kegiatan tracing dan testing serta perawatan di RIT," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Tempat Usaha di Kabupaten Tangerang Dibatasi Sampai Jam 7 Malam

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang Mulyani mengatakan pemkot telah membuat aplikasi pendaftaran secara daring bagi masyarakat yang ingin vaksinasi.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X