Ratusan Pesilat Siap Berlaga di Singa Jawara Banten

- 1 April 2024, 14:05 WIB
Para pesilat saat bersiap mengikuti Festival Singa Jawara Banten di salah satu mall di Kota Cilegon Minggu 31 Maret 2024.
Para pesilat saat bersiap mengikuti Festival Singa Jawara Banten di salah satu mall di Kota Cilegon Minggu 31 Maret 2024. /Dok panitia Festival Singa Jawara Banten

KABAR BANTEN - Ratusan Pesilat mengikuti festival Singa Jawara Banten, di salah satu mall di Kota Cilegon, Minggu 31 Maret 2024.

Dimana kegiatan Festival Singa Jawara Banten dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi dan menjaga kerukunan masyarakat pencak silat.

Kordinator Acara Event Singa Jawara Banten Tb Syaefullah mengatakan pencak silat dikenal sebagai seni bela diri warisan leluhur budaya bangsa Indonesia. Dimana pencak silat mengandung empat aspek yang utama.

"Yaitu pembinaan mental spiritual kemahiran ilmu beladiri disertai dengan gerak langkah yang indah atau seni budaya pencak silat dan aspek olahraga yang mampu membuat jasmani menjadi sehat," ujarnya kepada Kabar Banten.

Baca Juga: Padepokan Cimande Maung Banten Borong Juara di Ajang Kejuaran Pencak Silat di Kabupaten Serang

Ia mengatakan keseluruhan aspek tersebut menjadi satu dalam diri seorang pesilat. Festival Singa Jawara Banten yang diselenggarakan oleh fermentasi seni budaya pencak silat debus Manunggal Jageu Pusakeu Banten Indonesia mengedepankan aspek spiritual yang tercermin dengan kompetisi membaca Alquran dan kemampuan bela diri pencak silat.

Dimana dalam kegiatannya diiringi musik aliran perguruan masing-masing sebagai simbol penyatuan antara unsur spiritual dan unsur kanuragan di dalam pencak silat sebagai jati diri Banten.

"Sehingga menjadi kuat karena bersatunya ulama dan jawara yang dituangkan dalam konsep Festival Singa Jawara Banten," ucapnya.

Syaefullah mengatakan ada beberapa tujuan kegiatan tersebut. Pertama sebagai ajang silaturahmi.

Halaman:

Editor: Maksuni Husen


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x