Kopi Nusantara Didorong Jadi Nation Branding Indonesia

- 9 Juni 2021, 20:56 WIB
Pengunjung melihat berbagai jenis kopi yang ada di Pameran Kerajinan Kopi di Sumarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Minggu, 6 Juni 2021.
Pengunjung melihat berbagai jenis kopi yang ada di Pameran Kerajinan Kopi di Sumarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Minggu, 6 Juni 2021. /Kabar Banten/Dewi Agustini

KABAR BANTEN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Uno mendorong Kopi Nusantara jadi ‘nation branding’.

Kopi Nusantara menjadi produk yang diunggulkan karena Indonesia dikenal sebagai episentrum kopi di dunia.

Kopi Nusantara beranekaragam, seperti Kopi Arabika Toraja, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Kintamani dan lain sebagainya.

Berdasarkan data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (AFO), pada 2017-2018, Indonesia menempati posisi keempat sebagai salah satu Negara penghasil biji kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Columbia.

“Saya berharap industri kopi akan menjadi tulang punggung penciptaan lapangan kerja, penggerak ekonomi Indonesia termasuk ekspor, dan akan menjadi nation branding Indonesia yang kuat,” ujar Sandiaga Uno, dalam keterangan pers Kemenparekraf, Rabu, 9 Juni 2021.

Baca Juga: Di Tangerang, Puluhan Tenant Kopi Ternama Ramaikan Pameran Kopi Craft Indonesia

Sebagai seorang pencinta kopi, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa dirinya gemar minum kopi yang disajikan panas, seperti kopi tubruk dan manual brew.

Menurut dia, pecinta kopi seperti dirinya banyak jumlahnya di Indonesia sehingga bisa menjadi peluang pasar yang prospektif bagi pebisnis kopi.

Oleh karena itu, Sandiaga berpesan kepada pelaku usaha kopi agar tetap semangat di tengah pandemi Covid-19 serta mencari passion atau menemukan kreativitas baru.

Halaman:

Editor: Kasiridho

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X