16 Posyandu Jadi Percontohan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

- 7 Agustus 2020, 15:20 WIB
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Serang Lenny Suryani /Rizki Putri/

KABAR BANTEN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang mulai membuka pos pelayanan terpadu (Posyandu) secara bertahap pada Agustus ini. Sedikitnya 16 Posyandu yang akan menjadi percontohan di masa adaptasi kebiasaan baru di Kota Serang.

"Jadi rencananya 16 posyandu menjadi percontohan di era new normal. Harus menyiapkan tempat cuci tangan dan sesuai dengan protokol kesehatan," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) pada Dinkes Kota Serang Lenny Suryani, Jumat 7 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, protokol kesehatan diterapkan oleh Posyandu dalam melayani masyarakat. Orangtua juga harus membawa kain jarik masing-masing pada saat penimbangan berat badan bayi.

Baca Juga: Sempat Tutup, Posyandu di Kota Serang Kembali Dibuka

"Hal itu agar kain tidak dipakai secara bergantian dan berbarengan. Karena kan kami juga khawatir penularan virus dan sebagainya. Jadi bisa lebih aman kalau bawa kain dari rumah," ujarnya.

Selama hampir empat bulan ini, kata dia, seluruh Posyandu di Kota Serang tidak membuka pelayanan karena adanya Pandemi Covid-19.

"Sehingga pelayanan pada Posyandu pun ditutup sementara. Di masa new normal saat ini kami mulai membuka kembali, namun dengan protokol kesehatan," ucapnya.

Baca Juga: Kader Posyandu Ajak Warga Gunakan Masker

Sebelum dibuka, pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu dan berkoordinasi dengan bidan serta kader Posyandu.

Halaman:

Editor: Yomanti


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X