Puluhan Sopir Bus AKAP di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Jalani Tes Urine

- 5 April 2024, 12:50 WIB
Sejumlah sopir bus AKAP di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang jalani tes urine sebelum membawa pemudik ke lokasi tujuan.
Sejumlah sopir bus AKAP di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang jalani tes urine sebelum membawa pemudik ke lokasi tujuan. /Kabar Banten /Dewi Agustini

KABAR BANTEN - Badan Narkotika Nasional atau BNN Kota Tangerang bersama Kesbangpol Kota Tangerang melakukan tes urine kepada para sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) arus mudik 2024 atau Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

Ketua Tim Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Tangerang Muhammad Farhan menjelaskan, tes urine ini dilakukan ke para pengemudi yang hendak membawa para penumpang mudik Lebaran Idulfitri 2024.

“Di sini, puluhan sopir dan kenek sopir yang akan membawa para pemudik Lebaran diminta untuk melakukan tes urine terlebih dahulu. Surat pernyataan negatif menjadi syarat penting untuk izin jalan atau keluar terminal Poris Plawad,” ungkap Farhan, di tengah-tengah kegiatan tes urine, Jumat 5 April 2024.

Ia pun menegaskan, kegiatan ini menyangkut keselamatan penumpang, agar penumpang dapat selamat sampai ke kampung halaman.

“Agar semua pengemudi bebas dari narkoba dan pemudik memperoleh keselamatan di perjalanan menuju kampung halamannya, untuk merayakan Hari Raya Lebaran Idulfitri,” katanya.

Diakui Farhan, jika didapati sopir yang positif narkoba, Tim BNN dan Pemkot Tangerang dalam hal ini Kesbangpol akan melakukan assessment.

“Dipastikan, sopir atau kenek yang didapati positif akan narkoba tidak diperbolehkan berangkat membawa bus dan penumpangnya,” tutur Farhan.

Sementara itu, Kepala Terminal Poris Plawad Alwien Athena menuturkan, selain tes urine untuk menyukseskan arus mudik dan balik libur Lebaran, Terminal Poris Plawad juga ketat melakukan ramp check, mendirikan posko mudik, posko kesehatan hingga menambah personel pengamanan atas kolaborasi dengan kepolisian dan TNI.

“Kami mendukung penuh atas dilakukannya sosialisasi penyalahgunaan narkoba terhadap para sopir angkutan Lebaran di Terminal Poris Plawad, agar para sopir yang akan memberangkatkan pemudik dipastikan bebas dari narkoba,” pungkas Alwien.***

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah