Kota Tangerang Kerap Banjir, Normalisasi Sungai, Pemkot Minta Bantuan Pusat

- 22 Februari 2021, 17:16 WIB
Banjir di Perumahan Ciledug Indah Kota Tangerang, Sabtu, 20 Februari 2021. /Dokumentasi Warga

 

KABAR BANTEN - Banjir yang kerap kali melanda wilayah Kota Tangerang membuat Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang meminta bantuan dari pemerintah pusat. Terutama untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bencana banjir seperti kemarin, normalisasi sungai pun dipilih sebagai solusinya.

"Sebetulnya dari tahun ke tahun kita selalu minta ke pemerintah pusat untuk segera normalisasi sungai-sungai yang melintasi wilayah Tangerang, seperti Sungai Cisadane, Cirarab, hingga Kali Angke, supaya kita tidak ditakuti banjir tiap tahunnya, tapi sampai saat ini masih terjadi (banjir) saja," ungkap Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, Senin, 22 Februari 2021.

Arief Wismansyah menjelaskan, pada saat BMKG menginformasikan soal waspada cuaca ekstrem di bulan Februari 2021. Pihaknya telah menyiapkan beberapa mekanisme untuk mencegah terjadinya banjir, dengan sebelumnya melakukan pengerukkan pada danau.

"Pas ada pengumuman cuaca ekstrem, kita sudah siap, karena kan sebelumnya kita sudah keruk danau, lalu kita bangun resapan, kampung iklim, bahkan benahi drainase, lalu kita bersihkan juga sampah sampah yang ada di anak kali supaya aliran airnya tidak tersumbat. Tapi, tetap saja kita kena banjir, karena dari asalnya belum dibenahi," ujar Arief Wismansyah.

Baca Juga: Puluhan Mobil Mewah Terseret Banjir, Rumah 'Jablay' Tenggelam, Postingan Ustad Kondang Ini Bikin Merinding

Arief menceritakan kondisi banjir yang terjadi di Total Persada, Priuk, Kota Tangerang. Dimana, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar wilayah tersebut tidak terdampak banjir.

"Seperti di Total, kita sudah tinggikan tanggul, sampai upayakan pompa air, tapi masih banjir, karena memang air di sungainya ini sudah meluap karena tidak di normalisasi. Kita bingung untuk membuang airnya ini kemana, karena semua persiapan yang sudah kita lakukan untuk antisipasi banjir pun sudah tidak bisa menampung, seperti danau yang tadinya kering sudah penuh, tidak ada resapan lagi. Makanya saya sangat meminta untuk pemerintah segerakanlah normalisasi sungai-sungai tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Naik Turun di Jalan Tol Tangerang-Merak, Pengemudi Hingga Penumpang Bus Siap-siap Ditindak Petugas

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X