2.142 Warga Kabupaten Serang Alami Gangguan Jiwa, Dinkes Ungkap Penyebabnya

- 25 Agustus 2022, 16:24 WIB
Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi saat melakukan rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor program kesehatan jiwa masyarakat di aula Tubagus Suwandi, Kamis 25 Agustus 2022.
Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi saat melakukan rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor program kesehatan jiwa masyarakat di aula Tubagus Suwandi, Kamis 25 Agustus 2022. /Kabar Banten /Dindin Hasanudin

KABAR BANTEN - Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Serang menyebutkan masih banyak warga Kabupaten Serang yang mengalami gangguan jiwa.

Gangguan Jiwa yah diderita oleh ribuan masyarakat Kabupaten Serang tersebut terjadi dengan berbagai faktor

Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi mengatakan hingga Juli 2022 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat di Kabupaten Serang di 29 kecamatan ada 2.142 orang.

"Ini hasil dari pendataan atau melakukan kunjungan rumah dari tim kesehatan kecamatan, puskesmas kemudian dibantu Kapolsek dan Koramil," ujarnya kepada Kabar Banten saat ditemui usai acara Rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor program kesehatan jiwa masyarakat di aula Tubagus Suwandi, Kamis 25 Agustus 2022.

Baca Juga: Cegah Cacar Monyet, Dinkes Kabupaten Serang Banten Sebut Cara Ini Masih Paling Efektif

Agus berharap dengan adanya temuan 2.142 orang tersebut bisa jadi perhatian masyarakat lain.

Karena penanganan kesehatan jiwa masyarakat tidak dapat hanya dilakukan Pemda dalam hal ini Dinkes dan dinsos saja.

"Tapi harus bersama sama gotong royong dengan seluruh stakeholder termasuk keluarga agar memberikan perhatian pada anggota keluarganya yang saat ini mempunyai keluhan gangguan jiwa berat," katanya.

Karena kata dia dengan anggota keluarga yang gangguan jiwa berat pihaknya melakukan penanganan secara medis, namun diharapkan ada perhatian juga dari keluarga.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x