24.017 Set Top Box Gratis Dibagikan di Kota Tangerang, Ribuan Warga tak Kebagian

- 6 November 2022, 19:20 WIB
Ilustrasi perangkat Set Top Box TV digital yang dibagikan gratis oleh pemerintah melalui Kominfo untuk warga Kota Tangerang.
Ilustrasi perangkat Set Top Box TV digital yang dibagikan gratis oleh pemerintah melalui Kominfo untuk warga Kota Tangerang. /Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif/

 

KABAR BANTEN - Sebanyak 24.017 Set Top Box telah disalurkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kepada masyarakat Kota Tangerang untuk mendukung program migrasi televisi analog ke digital yang berlaku sejak Rabu 2 November 2022.

Jumlah tersebut berdasarkan data Kementerian Kominfo pada 4 Oktober 2022, dengan total kuota bantuan Set Top Box untuk Kota Tangerang sebanyak 29.813 unit. Artinya 5.796 warga di Kota Tangerang belum kebagian.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Indri Astuti mengatakan, program peralihan siaran televisi analog ke digital tersebut merupakan salah satu program nasional melalui Kementerian Kominfo, bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada awal program ini diluncurkan, Pemkot Tangerang diminta Kominfo untuk suplai data warga yang dinilai berhak untuk mendapatkan bantuan Set Top Box.

“Sebagai support, kami menindaklanjuti data yang diminta melalui aplikasi Saba Kota. Namun, prinsipnya ini hanya pendataan untuk diajukan kepada Kementerian,” papar Indri, Minggu 6 November 2022.

Pada pelaksanaannya, data para penerima Set Top Box diperoleh dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) milik Pemerintah Pusat, sebagai hasil pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia Pendataan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (PK-BKKBN), yang telah dipegang lebih dulu

Berdasarkan data Pemerintah Pusat tersebut, telah ditentukan kuota bantuan Set Top Box gratis untuk Kota Tangerang sebanyak 29.813 unit.

"Pendistribusiannya pun langsung dilakukan oleh Kementrian Kominfo dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) ke rumah warga," kata Indri.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x