Taman Kota Cilegon Banten, Saksi Bisu Hukuman Gantung 11 Pejuang Geger Cilegon

- 22 September 2023, 14:10 WIB
Suasana Taman Kota Cilegon di Lingkungan Pegantungan, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten. Pada tahun 1889, di tempat ini 11 pejuang Geger Cilegon dihukum gantung oleh Keresidenan Hindia Belanda.
Suasana Taman Kota Cilegon di Lingkungan Pegantungan, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten. Pada tahun 1889, di tempat ini 11 pejuang Geger Cilegon dihukum gantung oleh Keresidenan Hindia Belanda. /Kabar Banten/Sigit Angki Nugraha

KABAR BANTEN – Taman Kota Cilegon di Lingkungan Pegantungan, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten, merupakan Saksi Bisu kekejian Keresidenan Hindia Belanda.

 

 

Dimana di Taman Kota Cilegon di Lingkungan Pegantungan, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten, 11 pejuang Geger Cilegon digantung oleh tentara Keresidenan Hindia Belanda.

11 pejuang Geger Cilegon tersebut digantung oleh tentara Keresidenan Hindia Belanda di Taman Kota Cilegon, Lingkungan Pegantungan, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten, karena terlibat perjuangan Geger Cilegon.

Sejarawan Cilegon Bambang Irawan mengungkapkan jika pasca perang Geger Cilegon pada 9 Juli 1888, tentara Belanda berhasil menahan banyak pejuang asal Cilegon.

Namun kala itu pasukan penjajah tidak berhasil menangkap pucuk-pucuk pimpinan gerakan merebut kemerdekaan di wilayah Cilegon.

Mereka adalah Haji Abdul Karim, Haji Tubagus Ismail, Haji Marjuki, serta Ki Wasyid.

Halaman:

Editor: Sigit Angki Nugraha


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah