Vaksinasi Polio Era Pandemi,  Tim Medis‎ Lakukan Cara Ini

- 18 Oktober 2020, 17:09 WIB
Ilustrasi vaksin. /Pixabay/Liz Masoner/

KABAR BANTEN-‎ Tim medis Puskesmas  Rangkasbitung Barat, Kabupaten Lebak memberikan vaksin polio kepada balita dengan cara jemput bola atau mengunjungi langsung rumah warga. Langkah  tersebut dilakukan guna menghindari kerumunan di  tengah Pandemi Covid-19.
 
“Benar petugas kesehatan di kelurahan setempat melakukan pemberian vaksinasi dengan cara mendatangi rumah- warga guna mencegah kerumunan di masa pandemi Covid-19,” Kata Siska petugas keehatan Rangkasbitung Barat kepada Kabar Banten, Ahad 18 Oktober 2020.‎
 
Menurut dia, cara pemberian vaksinasi dengan mengunjungi rumah-rumah penduduk ini dirasakan lebih aman, ketimbang berkumpul di Posyandu karena terhindar dari kerumuman.

Baca Juga: Puskesmas Jombang Ditutup, Ada Apa?
 
Ia  menjelaskan, para petugas kesehatan melakukan vaksinasi dengan mengunjungi rumah warga yang memiliki anak balita di lingkungan RW 10 Kelurahan Rangkasbitung Barat untuk melakukan vaksinasi DPT dan Polio
 
"Kami hari ini menargetkan sebanyak lima balita di lingkungan RW 10 Kelurahan Rangkasbitung Barat," ujarnya.‎
 
Menurut dia, pelaksanaan pemberian  vaksinasi  juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga: Pemkot Serang Prioritaskan Tiga Kelompok Ini untuk Dapat Vaksin Covid-19
 
Siska mengatakan ada sekitar  65 balita yang sudah harus mendapat vaksinasi DPT dan Polio di wilayah kerjanya.
 
Pihaknya bersyukur tidak ada warga yang menolak anaknya divaksinasi di wilayah kerjanya.
 
Sementara itu, salah seorang  kader Posyandu RW 10 Kelurahan Rangkasbitung Barat, Ika, mengatakan,  warga di wilayahnya  sudah memahami pentingnya vaksinasi bagi tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Verifikasi Akun ShopeePay, Ada Fitur Tambahan dan Promo Lainnya

"Kami tidak henti-hentinya selalu mengajak masyarakat yang memiliki anak agar anaknya divaksin, imunisasi, sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti campak dan polio," katanya.
 
Hal hampir senada dikatakan Ida, seorang warga Sentral RW 10 Kelurahan Rangkasbitung Barat. Ia merasa  bersyukur ada petugas yang datang ke rumah untuk melakukan vaksinasi pada anaknya, yang menurut jadwal harus sudah harus mendapat imunisasi DPT dan polio . ‎*

Editor: Yandri Adiyanda


Tags

Komentar

Terkini

X