Waspada! Wilayah di Kota Serang Ini Berpotensi Terdampak 'La Nina'

- 18 Oktober 2020, 22:28 WIB
cuaca ekstrim /

KABAR BANTEN - Wilayah Kecamatan Kasemen dan Walantaka Kota Serang berpotensi terdampak fenomena “La Nina”. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang, Diat Hermawan mengatakan, fenomena La Nina merupakan musim hujan yang datangnya lebih awal dengan intensitasnya tinggi dan bahkan sangat tinggi. Pihaknya sudah bersiap untuk antisipasinya.

"Saya beserta jajaran insya Allah sudah bersiap. Jadi dari mulai mitigasi bencana udah mulai sosialisasi di Kelurahan Sawah Luhur melakukan imbauan secara langsung," katanya, Ahad 18 Oktober 2020.

Dia mengungkapkan, potensi bencana yang bisa terjadi di Kota Serang yakni banjir, tanah longsor dan adanya kerawanan rumah roboh.

"Paling rawan banjir dominan di Kecamatan Kasemen sama Walantaka termasuk Kecamatan Serang difokuskan mitigasi banjir," ucapnya.

Baca Juga : Sisakan Dua Zona Merah, Banten Keluar dari Episentrum Covid-19

Diat Hermawan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, minimal masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air dan mulai menggiatkan gotong royong untuk membersihkan saluran-saluran air.

"Minimal untuk bencana banjir perilaku buang sampah itu pada tempatnya. Jangan sampai buang ke sungai, upayakan karena sudah banyak sedimentasi, endapan di saluran maupun di kali semaksimal mungkin gotong royong," ujarnya.

Diketahui, BMKG telah merilis informasi bahwa saat ini sedang terjadi fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderate).

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Komentar

Terkini

X