Potensi Cuaca Ekstrem di Wilayah Banten, Waspada Hujan Angin Hingga Banjir, Termasuk Kota Serang

- 11 Februari 2023, 12:00 WIB
Genangan air yang terjadi di wilayah Ibu Kota Provinsi Banten.
Genangan air yang terjadi di wilayah Ibu Kota Provinsi Banten. /Kabar Banten/Rizki Putri

KABAR BANTEN - Sampai tiga hari ke depan, mulai tanggal 11 hingga 13 Februari 2023, wilayah Provinsi Banten berpotensi terjadi cuaca ekstrem yang bisa mengakibatkan kebencanaan, terutama genangan dan banjir.

Berdasarkan monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten, dikutip dari rilis yang diterima kabarbanten.pikiran-rakyat.com melalui pesan Whatsapps, cuaca ekstrem terjadi karena beberapa faktor.

Salah satunya, dinamika atmosfer di wilayah Provinsi Banten menunjukan adanya peningkatan aktivitas Siklon Tropis Freddy di Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah.

Baca Juga: Awan Berbentuk Tornado Muncul di Langit Kota Serang Banten Pagi Ini, Fenomena Apa?

Terpantaunya aktifitas gelombang atmosfer atau disebut Madden Julian Oscillation (MJO), suhu muka laut hangat, Indeks Labilitas yang kuat serta adanya daerah pertemuan angin di sekitar wilayah Banten.

Kondisi tersebut dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan dan menyebabkan cuaca di wilayah Banten berpotensi ekstrem.

Prediksi peluang curah hujan Dasarian II bulan Februari 2023 juga menunjukan adanya indikasi potensi curah hujan tinggi di beberapa wilayah di Provinsi Banten.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak yang berlaku tanggal 11 sampai 13 Februari 2023, potensi dampak hujan lebat dengan status siaga terjadi di beberapa wilayah Provinsi Banten.

Diantaranya sebagian wilayah Kabupaten Pandeglang bagian Barat, seperti di Kecamatan Carita, Labuan, Panimbang, Sumur, Pagelaran, Cikeusik, Cibaliung dan beberapa kecamatan di sekitarnya.

Halaman:

Editor: Yandri Adiyanda

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah