4.000 Marbot Masjid se-Banten Terima Insentif

- 13 Juni 2020, 15:08 WIB
fe069152-d439-41aa-a720-ed2f0ab11d9e
fe069152-d439-41aa-a720-ed2f0ab11d9e

SERANG, (KB).- Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Banten telah mendistribusikan dana bantuan insentif kepada para marbot masjid se-Provinsi Banten. Total ada sebanyak 4.000 marbot yang ada di 8 kabupaten/kota yang menerima bantuan ini. 

Ketua DMI Provinsi Banten HM Rasna Dahlan mengatakan program ini merupakan kebijakan Gubernur Banten H.Wahidin Halim sebagai wujud kepedulian terhadap marbot masjid yang selama ini belum tersentuh oleh perhatian pemerintah daerah.

Ia menuturkan sumber dana yang diberikan kepada para marbot adalah dari zakat, Infaq dan shodaqoh (ZIS) ASN di lingkungan Pemprov Banten, yang setiap bulan dihimpun oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pemprov.

"Besaran bantuan untuk marbot yakni Rp.500 ribu per orang," katanya.

Acara penyerahan bantuan marbot masjid telah dilaksanakan pekan ini. Pemberian insentif ini sebagai bentuk kepdulian Gubernur Banten kepada para marbot. "Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap kehidupan para marbot," tuturnya.

Selain itu, pemberitan insentif juga untuk memberikan dorongan agar marbot lebih semangat dalam memelihara dan merawat rumah Allah (masjid) yang tidak ada penghasilan tetap.

"Subhanallah. Mereka benar-benar orang-orang ikhlas tanpa pamrih mengurus masjid. Padahal mereka punya tangung jawab istri dan anak-anaknya. Sungguh tugas mereka cukup berat. Mulai jam 4 Subuh membuka pintu masjid, mengumandangkan adzan, menyapu, mengepel membersihkan lantai, membersihkan WC, menggelar karpet dan seterusnya. Terkadang mereka menjadi imam dan khotib cadangan saat petugas khotib berhalangan hadir. Masih banyak lagi tugas-tugas marbot masjid," kata Rasna. (MH)*

Editor: Kabar Banten


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah