Pilkada Pilgub Banten 2024: Pengamat Politik Prediksi 3 Cagub Banten Bakal Bertarung, Siapa Saja?

- 1 April 2024, 22:05 WIB
Pengamat politik Adip Miftahul memprediksi bakal ada 3 Cagub Banten atau pasangan bertarung pada Pilkada Pilgub Banten 2024.
Pengamat politik Adip Miftahul memprediksi bakal ada 3 Cagub Banten atau pasangan bertarung pada Pilkada Pilgub Banten 2024. /Dokumen Adip Miftahul

 

KABAR BANTEN - Suasana politik jelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pemilihan Gubernur (Pilkada Pilgub Banten 2024) semakin menghangat, para pendukung juga mulai gerilya menyusun kekuatan. Disamping itu, banyak juga tokoh potensial dari mantan kepala daerah bermunculan.

"Pilkada atau Pilgub Banten 2024 saat ini tokoh-tokoh potensialnya banyak. Ada Airin, Wahidin, Rano, Arief, Zaki, Andika, Tatu, Iti, Irna dan Dimyati. Berbeda dengan Pilgub yang lalu. Dengan begitu, banyak nama-nama yang menurut saya lumayan trekrecordnya sebagai mantan bupati mantan walikota," ujar Pengamat Politik dari Kajian Politik Nasional Adip Miftahul, Ahad 31 Maret 2024.

Meski demikian, pengamat politik itu memprediksi hanya ada tiga (3) Cagub Banten yang bakal bertarung di Pilkada atau Pilgub Banten 2024. Ketiganya yakni Airin Rachmi Diany, Rano Karno dan Wahidin Halim.

Namun, belum diketahui siapa sosok yang akan menjadi wakil tiga kandidat Bakal Calon Gubernur Banten tersebut.

"Saya memprediksi ada tiga pasangan," katanya.

Ia memprediksi itu lantaran menurutnya, koalisi Pilgub Banten 2024 dipastikan irisan dari koalisi Pemilihan Presiden 2024.

"Analisanya adalah pasangan ini tak lain adalah tergambar dari koalisi pusat sekarang terjadi. Ada koalisi Indonesia maju, ada koalisi perubahan ada kolisi PDI P," katanya.

Baca Juga: Parpol Mulai Garap Pilgub Banten 2024, Pengamat: Keterwakilan Wilayah Jadi Kunci

Menurutnya, koalisi Indonesia maju yang mengusung Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden, dipastikan rekomendasi akan diberikan kepada Partai Golkar dan Gerindra. Dimana saat ini DPD Partai Golkar Provinsi Banten sudah memastikan mengusung Airin Rachmi Diany untuk maju menjadi Calon Gubernur Banten 2024.

Halaman:

Editor: Kasiridho


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x